Eve Urban Air Mobility Dapat Pesanan 100 eVTOL, Taksi Udara Bakal Banjir di Brasil
Taksi udara bakal mewarnai angkasa di Brasil. (foto: embraer)

Bagikan:

JAKARTA – Eve Urban Air Mobility, sebuah anak perusahaan dari pembuat pesawat dari Brasil, Embraer, telah menerima pesanan hingga 100 eVTOL (vertical take-off landing), atau pesawat lepas landas dan mendarat vertikal listrik. Pernyataan ini muncul dari perwakilan pers Embraer pada Minggu, 3 September.

Avantto, operator pesawat dan kepemilikan fraksional yang berbasis di Brasil, memesan, dengan pengiriman dijadwalkan dimulai pada 2026, kata perwakilan pers tersebut.

Armada Avantto sudah memiliki berbagai jenis pesawat, termasuk jet perusahaan Phenom 300 dan Phenom 100 buatan Embraer, menurut informasi di situs web mereka.

Permintaan Avantto pertama kali dilaporkan dalam surat kabar O Estado de S.Paulo edisi Minggu, yang mengutip Chief Executive Avantto Rogerio Andrade sebagai sumber.

Baik surat kabar maupun perwakilan pers tidak memberikan besaran nilai kontrak untuk pesanan tersebut.

Ini adalah pesanan terbesar yang diterima Eve dari seorang pelanggan di Brasil, kata perwakilan pers. “Secara keseluruhan, Embraer's Eve memiliki pesanan yang melibatkan 735 eVTOL,” tambahnya, seperti dikutip Reuters.

Ini adalah kedua kalinya dalam waktu kurang dari sebulan Embraer's Eve mengumumkan pesanan eVTOL dalam jumlah besar.

Pada 23 September, Embraer's Eve juga mengatakan grup lessor Bristow memesan hingga 100 eVTOL, dengan pengiriman diperkirakan akan dimulai pada 2026.

Pesawat produksi Eve Urban Air Mobility ini sangat cocok untuk dijadikan taksi udara. Namun sejauh ini pemesan belum menyatakan tujuannya pastinya dalam pembelian skala besar ini. Jika memang untuk taksi udara, maka tahun 2026 mendatang Brasil bakal banjir taksi melayang-melayang di udara.