Bagikan:

JAKARTA - Eve, produsen pesawat listrik, dan Blade Air Mobility, perusahaan layanan penerbangan, memperluas kemitraan mereka untuk mengintegrasikan mobil terbang Eve yang akan datang ke jaringan rute Blade di Eropa, dimulai dengan Prancis, demikian pernyataan kedua perusahaan tersebut pada Senin, 19 Juni.

Kesepakatan ini mengikuti perjanjian serupa antara kedua perusahaan tersebut, yang saat ini sedang berpartisipasi dalam Paris Airshow, untuk menggunakan kendaraan lepas landas dan mendarat vertikal listrik (eVTOL) dari Eve di India dan Amerika Serikat.

Eve dikendalikan oleh produsen pesawat Brasil, Embraer, dan berencana memulai operasi komersial kendaraannya pada tahun 2026.

Eve dan Blade menyatakan dalam pernyataan mereka bahwa dalam memorandum pemahaman baru mereka, Blade akan fokus pada pengembangan aplikasi praktis untuk mobilitas udara, termasuk mengidentifikasi rute masa depan di Prancis dan negara-negara Eropa lainnya.

Namun, mereka tidak menyebutkan apakah kesepakatan ini akan melibatkan pembelian eVTOL baru oleh Blade, yang saat ini mengoperasikan helikopter konvensional antara Nice dan Monaco dalam operasinya di Eropa.

Eve dan Blade tahun lalu sepakat untuk menggunakan hingga 200 pesawat listrik di India, setelah juga menandatangani surat niat untuk operasi di Amerika Serikat, di mana Eve berencana menyediakan hingga 60 kendaraan per tahun.

"Pemperpanjangan kemitraan kami dengan Eve menegaskan komitmen Blade untuk memimpin transisi dari pesawat vertikal konvensional ke listrik," kata CEO Blade, Rob Wiesenthal.

Eve memiliki backlog pesanan hampir 2.800 pesanan sebelum memulai produksi, dengan pengembangan didukung oleh investor seperti United Airlines dan Rolls-Royce.

Perusahaan tersebut baru-baru ini mengumumkan pemasok peralatan pertama untuk eVTOL mereka dan berencana memulai pembangunan prototipe berukuran penuh pertama pada paruh kedua tahun ini. Pengujian tambahan direncanakan untuk tahun 2024.

CEO Eve, Andre Stein, mengatakan dia mengharapkan kemitraan yang diperluas dengan Blade akan memungkinkan kedua perusahaan tersebut menggabungkan keahlian dan sumber daya untuk membuat perjalanan lebih mudah diakses dan mendorong perbaikan lingkungan.

Blade tahun lalu mengakuisisi operasi penerbangan charter dan terjadwal dari perusahaan-perusahaan Eropa Monacair, Heli Securite, dan Azur Helicoptere, yang dikatakan "penting" untuk pembicaraan teknis dan komersial yang sedang berlangsung dengan Eve.