Teleskop Hubble Tangkap Bintik Merah Jupiter yang Bergerak Makin Cepat
Planet Jupiter dilihat dari Teleskop Hubble. (foto: nasa)

JAKARTA - Teleskop Hubble NASA baru saja menangkap gambar Planet Jupiter yang semuanya baru — mengungkapkan bahwa badai Bintik Merah Besarnya yang ikonik bergerak semakin cepat dengan cara yang sangat unik.

Dari semua planet di Tata Surya, Jupiter adalah planet yang paling menarik. Ini adalah planet terbesar di Tata Surya, yang berupa bola gas raksasa tanpa permukaan padat, dan dikelilingi oleh 79 bulan. Ini bukan planet yang bisa dikunjungi manusia, tapi berkat teknologi seperti Hubble, kita bisa mempelajarinya dari jauh.

Faktanya, Hubble telah sangat berguna untuk eksplorasi semacam ini sejak diluncurkan pada tahun 1990. Hubble membantu menentukan usia alam semesta, menemukan galaksi-galaksi menakjubkan yang berjarak jutaan tahun cahaya, dan telah mengambil foto-foto yang tampaknya tak berujung di sepanjang jalan.

Sangat mudah untuk melupakan bahwa Hubble terus-menerus mengorbit di atas Bumi dan menangkap semua informasi ini, tetapi telah melakukan hal itu selama lebih dari 30 tahun.

Sebagai bagian dari penemuan terbarunya, Hubble kini telah membagikan foto dan detail baru tentang Jupiter, khususnya, Bintik Merah Besar Jupiter. Bintik Merah Besar adalah wilayah di Jupiter di mana badai besar telah mengamuk selama sekitar 340 tahun.

Ini adalah badai antisiklon terbesar di seluruh Tata Surya, dan menurut gambar Hubble baru yang terlihat di atas, tampaknya sebagian darinya menjadi semakin cepat. Selama bertahun-tahun, para astronom telah menentukan bahwa jalur dalam Bintik Merah Besar bergerak lebih cepat daripada jalur luar. Namun, Hubble sekarang mengungkapkan bahwa cincin bagian dalam menjadi 8 persen lebih cepat antara 2009 dan 2020.

Setelah mengetahui tentang temuan Hubble, analis Michael Wong dari University of California, Berkeley, mengatakan, "Ketika saya pertama kali melihat hasilnya, saya bertanya 'Apakah ini masuk akal?' Tidak ada yang pernah melihat ini sebelumnya."

Apakah masuk akal atau tidak masih terserah NASA untuk memutuskan, tetapi yang pasti adalah bahwa bagian luar Bintik Merah Besar semakin cepat - meskipun dengan kecepatan yang lambat.

Wong melihat data dari setiap kali Hubble mengamati Jupiter, menggunakan perangkat lunak untuk menganalisis "puluhan hingga ratusan ribu vektor angin," dan menggunakan data itu untuk mendapatkan "pengukuran kecepatan yang jauh lebih konsisten." Dengan data ini, Wong dan NASA menentukan bahwa kecepatan cincin bagian dalam yang lebih cepat menghasilkan peningkatan kecepatan > 1,6Mph per tahun Bumi.

Apa artinya perubahan ini? Sayangnya, sulit untuk mengatakan dengan pasti. Seperti yang dijelaskan Wong, apa pun yang terletak di bawah awan Jupiter tersembunyi dari Hubble dan "tidak terlihat dalam data".

Bahkan dengan informasi yang hilang itu, ini masih merupakan penemuan yang menarik bagi dunia luar angkasa dan sains. "Ini adalah bagian data yang menarik yang dapat membantu kita memahami apa yang memicu Bintik Merah Besar dan bagaimana ia mempertahankan energi." Itu hal yang penting untuk diingat dengan penemuan seperti ini.

Tidak semua titik data baru datang dengan realisasi yang mengubah permainan, tetapi mereka semua memiliki tujuan masing-masing dengan satu atau lain cara. Badai yang lebih cepat di Jupiter mungkin menjadi teka-teki saat ini, tetapi beberapa tahun ke depan, itu bisa menjadi komponen kunci dalam misi lain. Terlepas dari itu, ini adalah contoh utama kehebatan Hubble — dan mengapa teleskop ikonik menjadi komponen kunci dalam eksplorasi ruang angkasa secara keseluruhan.