NASA Cari Pengganti Astrovan, Publik Malah Sarankan Beberapa Ide Aneh
Astrovan, akan segera dipensiunkan oleh NASA. (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA –  Upaya NASA untuk menemukan pengganti Astrovan yang ikonik untuk membawa  astronot ke roket Bulan baru, telah membuka kotak Pandora. Banyak  pendapat dari publik mulai menyarankan kendaraan yang paling aneh, dan menambahkan Jeff Bezos dan Elon Musk ke dalam campurannya.

Van transfer astronot, atau Astrovan, digunakan untuk mengantar astronot ke dan dari landasan peluncuran selama era Pesawat Ulang-alik. Sementara pendahulunya mengantarkan awak astronot dari beberapa misi Apollo.

Kendaraan era ulang-alik perak mengkilap menjadi sangat disukai oleh para kru sehingga para astronot dilaporkan keberatan dengan penggantian itu. Apalagi kendaraan ini sudah menjadi bagian dari tradisi luar angkasa Amerika.

Namun, NASA akhirnya menemukan rumah motor Airstream Excella 1983 yang harus dimodifikasi karena terlalu tua untuk mengambil bagian dalam program Artemis barunya, dengan tujuan ambisiusnya untuk mengembalikan manusia ke Bulan.

Badan antariksa itu memberi tahu "perusahaan swasta," meminta saran tentang pengganti yang layak untuk transportasi bersejarah itu. Sebuah pernyataan NASA menyatakan bahwa "proposal harus unik, merangkul teknologi baru, dan secara visual mewujudkan Artemis kepada publik."

Namun, ketika berita ini mencapai Twitter, banyak komentator non-korporat memilih untuk membantu NASA juga, dengan banyak saran berakhir dengan benar-benar "unik."

Beberapa bersikeras bahwa astronot harus mengendarai sesuatu seperti Eagle 5 Camper Van dari film komedi "Spaceballs", atau Harry's Dog Van dari "Dumb and Dumber," atau bahkan War Rig besar dari film "Mad Max" terbaru.

Beberapa orang memiliki keyakinan yang sama bahwa Wienermobile, yang digunakan untuk mengiklankan produk daging dari Oscar Mayer, akan sempurna untuk "menampilkan Artemis secara visual kepada publik" Bahkan perusahaan itu dengan senang hati menurutinya, dengan mencuit, "Hei, @NASA kami punya Anda. ”

Yang lain mendesak NASA untuk sepenuhnya hijau dan menempatkan para astronot dalam pakaian luar angkasa mereka di atas sepeda multi-kursi atau menggunakan kereta kuda.

Sejumlah komentator mengatakan bahwa NASA yang kini mengandalkan Space X untuk mengantarkan astronotnya ke orbit tidak perlu jauh-jauh dan cukup menggunakan Tesla milik Elon Musk.

Seorang jenius menyarankan bahwa alih-alih berpotensi menghabiskan jutaan dolar untuk mengembangkan kendaraan baru, agensi tersebut dapat dengan mudah memilih bus reguler.