Bagikan:

JAKARTA – Penjelajah Mars Perseverance tiba di Bright Angel, wilayah dengan batuan berwarna terang dan bertekstur kayu, pada 17 Juni lalu. Saat tiba di Bright Angel, Perseverance menemukan batuan yang aneh.

Setelah menjelajahi batuan besar di Gunung Washburn, Perseverance berjalan menuju ke utara dan parkir di depan wilayah dengan bebatuan berwarna terang, yaitu Bright Angel. Penjelajah ini sengaja berhenti sebentar sebelum melanjutkan perjalanan.

Ini merupakan kesempatan yang langka karena NASA tidak pernah melihat wilayah Bright Angel dalam jarak dekat. Oleh karena itu, Perseverance berhenti cukup lama untuk mengambil beberapa gambar close-up yang dapat diamati.

"Ini memberi tim pandangan close-up pertama kami terhadap bebatuan yang membentuk paparan 'Malaikat Terang', sehingga Perseverance berhenti untuk mengambil gambar, sebelum berkendara ke barat menuju singkapan yang lebih besar," kata NASA.

Tim yang mengamati Perseverance telah menerima gambar close-up dari wilayah bebatuan Bright Angel. Ahli geologi dari tim sains NASA, yang sudah melihat gambar close-up bebatuannya, merasa kagum dengan tekstur bebatuannya yang aneh.

BACA JUGA:


NASA menjelaskan bahwa bebatuan berwarna terang ini dipenuhi dengan tonjolan tajam yang mirip dengan urat mineral di dasar kipas. Selain itu, beberapa batuan padat berbentuk bola-bola kecil. Menurut para ahli, batuan ini mirip seperti popcorn.

"Kami dengan bercanda menyebutnya sebagai tekstur seperti 'popcorn'. Secara keseluruhan, ciri-ciri ini menunjukkan bahwa air tanah mengalir melalui bebatuan ini setelah terbentuk," jelas NASA.

Dengan gambar close-up yang berhasil diabadikan ini, tim akan mempertimbangkan untuk mengambil sampel permukaannya atau tidak. Untuk saat ini, fokus Perseverance masih menjelajahi situs di Mars yang bernama Serpentine Rapids.