Masih Lemah, Bitcoin Kembali Memerah
Ilustrasi bitcoin (pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Nilai tukar Bitcoin dan cryptorurrency memang dinamis. Setelah sempat menghijau pada perdagangan terakhir, harga Bitcoin kembali jatuh memerah dalam 24 jam terakhir.

Mengutip Coindesk, pukul 16.49 WIB, harga Bitcoin (BTC) kembali anjlok ke angka 9,1 dolar AS per koin atau terkoreksi minus (-)0,45 persen dalam 24 jam terakhir. Di mana pada pembukaan harga pasar, berada di angka 9,2 dolar AS per koin. 

"Setelah mendapat dorongan jangka pendek, aset cryptocurrency sempat mencapai puncaknya. Namun hal ini justru terkoreksi ke bawah dan menjadi penurunan harga," kata Constantin Kogan, analis dana crytocurrency BitBull Capital, Selasa, 14 Juli. 

Marketplace nilai cryptocurrency (tangkapan layar Coindesk)

Kogan menduga adanya resistansi pada aset cryptocurrency dalam beberapa hari terakhir, sehingga menekan penurunan harga cukup tajam. Petukaran spot marketplace seperti Coinbase masih terganggu dengan volume perdagangan yang cukkup rendah, selama bulan Juli. 

Ketidakpastian pasar juga mempengaruhi kinerja penambang bitcoin. "Hash-rate bitcoin telah mencapai maksimum baru. Ini menunjukkan minat yang berkelanjutan dalam penambangan cryptocurrency," lanjutnya.

Penurunan volume cryptocurrency juga dialami Ethereum (ETH), pada perdagangan sebelumnya nilai mata uang ini terkoreksi di sekitar 238 dolar AS atau 0,10 persen dalam 24 jam terakhir. Hal serupa juga dialami Bitcoin Cash (BCH) dan Litecoin (LTC) dengan level penurunan dari minus 2,97 hingga 3,15 persen.