Ekonom dan Pakar Emas Peter Schiff Jelaskan Penyebab Harga Bitcoin Naik
Pakar emas jelaskan alasan harga Bitcoin naik. (Foto; Dok. Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – Peter Schiff, seorang ekonom dan pakar emas yang juga pendiri dan ketua Schiffgold, sebuah dealer logam mulia yang mengkhususkan diri pada emas dan perak batangan, menyatakan pandangannya mengenai kenapa emas dan Bitcoin naik tahun ini.

Schiff, yang dikenal sebagai sosok yang skeptis terhadap Bitcoin, menyatakan bahwa emas naik sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan dolar yang lemah, sementara Bitcoin naik bersama aset berisiko tinggi lainnya karena spekulan bertaruh bahwa pivot Fed akan menyebabkan reli di pecundang terbesar tahun 2022.

Namun, beberapa orang di Twitter tidak setuju dengan Schiff, menganggap bahwa emas bukanlah lindung nilai yang baik terhadap inflasi dan menganggap tweet Schiff sebagai sinyal beli Bitcoin.

Beberapa orang percaya bahwa Bitcoin adalah lindung nilai yang lebih baik terhadap inflasi daripada emas, seperti pemodal ventura Tim Draper dan miliarder manajer hedge fund Paul Tudor Jones yang lebih memilih Bitcoin daripada emas dan memperkirakan harga Bitcoin akan jauh lebih tinggi.

"Emas naik sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan dolar yang lebih lemah, sementara Bitcoin naik dengan aset berisiko tinggi lainnya karena spekulan bertaruh bahwa pivot Fed akan menyebabkan reli di pecundang terbesar tahun 2022," kata Schiff, dikutip dari Bitcoin.com News.

Pendukung Bitcoin menyatakan bahwa BTC telah mengungguli emas dalam hal kinerja harga. Ini menunjukkan bahwa harga Bitcoin telah meningkat secara signifikan sejak rekomendasi jual dari Peter Schiff.

Pada Desember 2018, ketika harga Bitcoin berada di sekitar 3 ribu dolar AS, Peter Schiff memperingatkan bahwa "masih banyak udara yang harus keluar dari gelembung ini."

Pendukung Bitcoin, Peter McCormack, mengomentari tweet Schiff pada 12 Januari yang memberi tahu investor untuk menjual BTC mereka di level 18 ribu dolar AS, McCormack men-tweet pada hari Minggu: “Bitcoin diperdagangkan sekitar 27 persen sejak Peter Schiff menyarankan Anda untuk menjual bitcoin Anda. Emas tidak.”

Meskipun Schiff mengakui bahwa harga Bitcoin telah meningkat sejak dia mengatakan kepada orang-orang untuk membuang koin mereka, Schiff berpendapat bahwa dia juga menyarankan orang-orang untuk menjual BTC mereka ketika harganya lebih dari 60.000 dolar AS per koin.

Pada saat artikel ini ditulis, Bitcoin diperdagangkan pada harga 22.838 dolar AS, naik sekitar 35 persen selama 30 hari terakhir, sementara harga emas berjangka dan harga emas spot naik sekitar 7 persen selama periode waktu yang sama.