Informasi Bocoran Produk Baru Apple Terbukti Salah Besar, Jangan Dipercaya Lagi
Bentuk Apple watch seri 7 sama sekali berbeda dari informasi bocoran sebelumnya tentang produk Apple. (foto: dok. apple)

Bagikan:

JAKARTA – Acara 'California Streaming' dari Apple pada 14 September adalah contoh yang sangat baik tentang mengapa bocoran informasi tidak selalu dapat dipercaya. Bahkan tidak peduli seberapa andal sumbernya.

Bahkan ketika beberapa sumber berbagi informasi, dan diduga melihat perangkat yang dimaksud, Apple mungkin melakukan sesuatu yang berlawanan dengan pernyataan ini. Meskipun rumor dan kebocoran bisa bermanfaat, tidak ada yang bisa dianggap benar sebelum benar-benar diumumkan.

Rumor tentang produk yang akan datang sering dimulai sekitar setahun sebelum peluncuran yang sebenarnya, dan bahkan terkadang lebih awal. Pada awal September tahun lalu, ada desas-desus tentang Apple Watch Series 7 yang baru diumumkan minggu ini. Berasal dari analis Apple yang biasanya sangat andal, pembicaraan itu berisi tentang perubahan signifikan dalam faktor bentuknya. Ada juga prediksi perubahan yang datang ke layar iPhone 13, serta pembaruan iPad murah lainnya.

Kekecewaan terbesar dari rumor pabrik dalam sejarah baru-baru ini, dan dijelaskan dengan sangat rinci, adalah perubahan dramatis pada desain Apple Watch Series 7. Perangkat wearable baru Apple dikatakan mengadopsi tampilan iPhone 12, iPad Air. 4, iPad Pro, dan iMac M1.

Pembocor terkenal Jon Prosser, situs web 91mobiles, dan bahkan Mark Gurman dari Bloomberg semuanya setuju. Hal berbahaya tentang rumor ini adalah masuk akal. Logikanya, Apple mungkin mendesain ulang Apple Watch agar sesuai dengan gaya yang diperjuangkannya di semua produk lainnya. Satu-satunya masalah adalah tidak mendapatkan tepi yang rata. Faktanya, Apple Watch Series 7 yang baru sebenarnya justru lebih bulat. Ini semakin masuk akal jika disertai dengan penjelasan Apple bahwa jam tangan pintar baru ini tahan retak.

Render Apple Watch Seri 7

Apple Watch Series 7 adalah yang paling bulat yang pernah ada dan itu adalah hal yang baik. Sama seperti kubah yang secara inheren lebih kuat dari atap datar. Kurva bulat dari perangkat wearable baru Apple membuatnya lebih tahan lama daripada sebelumnya.

Apa yang mungkin tidak sekuat di masa depan adalah kepercayaan pada pembocor yang membuat klaim yang sangat berani yang ternyata tidak benar. Belum ada forensik yang dilakukan tentang berapa banyak yang salah, tetapi ada beberapa kemungkinan.

Apple sering meneliti desain baru dan menguji teknologi terbaru yang mungkin tidak akan pernah menjadi produk Apple. Mungkin Apple bermain-main dengan konsep tepi datar untuk Apple Watch sebelum menolak gagasan itu, atau hanya menahannya untuk dirilis di masa depan ketika bahan yang lebih kuat digunakan yang memungkinkan desain datar.

Mungkin Apple hanya memutuskan untuk bersenang-senang dan membocorkan beberapa informasi yang salah untuk membuang kunci pas ke pabrik rumor. Kebenarannya mungkin tidak akan pernah diketahui.

Sesuatu yang jelas adalah bahwa informasi yang lebih akurat mendekati sumber aslinya dan apa yang muncul di situs web sebagai kebocoran memiliki banyak drama yang ditambahkan. Jika file CAD atau prototipe ditampilkan beberapa bulan sebelum peluncuran produk, tampaknya lebih masuk akal daripada sesuatu yang terlihat seperti rendering produk jadi.

Kebocoran rantai pasokan yang melibatkan mitra Apple yang berbagi informasi tentang pesanan komponen tampaknya lebih dapat diandalkan daripada seseorang yang mengaku mengetahui detail produk jadi yang intim dan akurat. Apple Watch Series 7 bulat adalah buktinya dan itu seharusnya cukup sebagai pengingat bahwa kebocoran tidak harus selalu dipercaya.