Ojol Pengguna iPhone Jangan Taruh Ponsel di Setang Motor, Ini Akibatnya!
Kamera iphone bisa terganggu oleh getaran motor. (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pengguna motor biasanya meletakan ponselnya di setang untuk melihat Maps saat berkendara, terutama ojek online yang marak ditemui saat ini. Namun ternyata, hal ini cukup berbahaya untuk dilakukan selain ponsel mudah jatuh.

Terlebih bagi mereka yang menggunakan iPhone. Sebab, Apple baru saja menyatakan bahwa menaruh ponsel di setang motor cukup berisiko bagi fitur kamera iPhone mereka.

Menurut laporan dari laman Apple Support, perusahaan mengklaim bahwa getaran yang berkepanjangan, seperti yang disebabkan oleh mesin sepeda motor selama beroperasi sebenarnya dapat menyebabkan penurunan kualitas kamera iPhone dari waktu ke waktu. Apple beralasan, hal ini karena adanya teknologi di balik fitur stabilisasi kamera, seperti giroskop.

“Namun, seperti halnya dengan banyak elektronik konsumen yang mencakup sistem seperti Optical Image System (OIS), paparan langsung jangka panjang terhadap getaran amplitudo tinggi dalam rentang frekuensi tertentu dapat menurunkan kinerja sistem ini dan menyebabkan penurunan kualitas gambar untuk foto dan video," ungkap Apple seperti dikutip dari PocketLint, Senin, 13 September.

Apple menyatakan, mesin sepeda motor berkekuatan tinggi atau bervolume tinggi menghasilkan getaran amplitudo tinggi yang intens, yang ditransmisikan melalui sasis dan setang motor.

"(Kami) tidak menyarankan untuk memasang iPhone Anda ke sepeda motor dengan mesin berdaya tinggi atau bervolume tinggi karena amplitudo getaran dalam rentang frekuensi tertentu yang dihasilkannya dapat berisiko bagi ponsel Anda," ujar Apple.

Hak ini dibuktikan ketika PocketLint melakukan pencarian di Twitter, mereka dapat menemukan tweet dari 2019 yang memperingatkan tentang iPhone yang secara permanen kehilangan kemampuan fokus otomatisnya setelah dibawa pergi menggunakan helikopter. Di mana tentu saja getaran yang dihasilkan dari helikopter lebih besar ketimbang sepeda motor.

IPhone 6 Plus, iPhone 6S Plus, dan iPhone 7 dan yang lebih baru semuanya memiliki fitur OIS, serta iPhone SE generasi kedua. Apple merekomendasikan penggunaan dudukan peredam getaran jika memungkinkan.