LinkedIn Perluas Fitur <i> Learning Hub</i>, Hadirkan Kursus Gratis Karyawan pada Era New Normal
LinkedIn menyediakan 40 kursus gratis bagi pengguna tertentu (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - LinkedIn, platform jejaring sosial milik Microsoft untuk dunia kerja, baru saja mengumumkan fitur baru yang bertujuan untuk menambahkan pengalaman pengguna.

Fitur tersebut meliputi Pusat Pembelajaran atau Learning Hub baru yang ditujukan untuk organisasi, hal ini guna memberikan pengembangan profesional, pelatihan lainnya kepada karyawan dan menggunakan wawasan data LinkedIn untuk membantu menyoroti jalur keterampilan yang relevan dan peluang pengembangan karier.

LinkedIn juga menyediakan 40 kursus gratis bagi pengguna tertentu untuk menyesuaikan perubahan yang terjadi saat ini. Kursus gratis akan difokuskan pada pengembangan tempat kerja modern, termasuk beradaptasi dengan pengaturan hybrid, manajemen staf di lingkungan kerja yang berkembang, dan tips untuk kembali ke kantor.

Perusahaan berharap bahwa dengan membuat kursus ini yang tersedia secara gratis, akan terlihat peningkatan penggunaan Hub, yang kemudian akan memfasilitasi peningkatan ketergantungan pada alat pendidikan profesionalnya di antara lebih banyak organisasi, yang semakin memperluas kehadirannya di ruang pengembangan karier.

Selain itu, LinkedIn mengatakan akan menggunakan datanya sendiri tentang tren ketenagakerjaan, ditambah AI, untuk mempersonalisasi konten pada organisasi dan pengguna.

"Learning Hub memiliki semua kemampuan LXP tradisional, menggabungkan semua sumber daya pembelajaran perusahaan, tetapi jauh lebih banyak lagi. Ini mengacu pada data dan wawasan dari Grafik Keterampilan kami, taksonomi keterampilan paling komprehensif di dunia dengan keterampilan 36 ribu, postingan info pekerjaan 24 juta lebih, dan jaringan profesional terbesar dari 740 juta anggota, memberdayakan pelanggan dengan wawasan pengembangan keterampilan yang lebih kaya, konten yang dipersonalisasi, dan pembelajaran berbasis komunitas," ungkap LinkedIn seperti dikutip dari TechCrunch, Jumat, 10 September.

Fitur Learning Hub pertama kali dipratinjau pada April lalu dan telah berjalan dalam versi beta terbatas. Sekarang Learning Hub diluncurkan secara lebih luas. LinkedIn akan meminta biaya kepada organisasi untuk akses ke Learning Hub, memberikan aliran pendapatan lain bagi perusahaan.

Awalnya, Hub tersedia untuk pengguna LinkedIn Learning Pro secara gratis, tetapi seiring waktu, LinkedIn akan menerapkan sistem pembayaran. Selain menjadi bisnis yang menonjol, ini juga terkait dengan upaya perusahaan lebih besar untuk menghadirkan lebih banyak layanan yang berfokus pada bisnis, dan lebih banyak keterlibatan dari departemen SDM, untuk mendukung salah satu pendorong pendapatan seperti rekrutmen.