Cara Menggunakan Pencarian LinkedIn Lebih Efektif untuk Meningkatkan Pencarian Kerja Anda
Kiat pencarian LinkedIn ini akan membantu Anda memperluas cakupan pencarian pekerjaan Anda. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional, yang sudah didirikan sejak 2002.

Mesin pencari internal LinkedIn mengembalikan hasil tidak hanya untuk profil pekerjaan, tetapi juga memisahkan hasil menjadi kategori lainnya seperti Grup, Layanan, Kursus, dan masih banyak lagi.

Mari kita lihat bagaimana Anda dapat menggunakan Mesin Pencari LinkedIn secara lebih efektif untuk memperluas pencarian pekerjaan Anda. 

  1. Pencarian Pekerjaan LinkedIn

Pencarian Pekerjaan LinkedIn adalah kategori pertama, karena LinkedIn pada dasarnya adalah portal jaringan profesional dengan penekanan pada pencarian pekerjaan.

Klik pada Pekerjaan, dan Anda akan melihat enam filter baru seperti Tanggal saat pekerjaan di posting, Tingkat Pengalaman, Jenis Pekerjaan, Di Tempat atau Jarak Jauh, dan sebagainya. Anda dapat menggunakan filter ini untuk merampingkan hasil lebih lanjut

  1. Pencarian Perusahaan LinkedIn

Tab Perusahaan menampilkan hasil yang berkaitan dengan tempat pekerjaan. Fitur ini membantu Anda menjelajahi perusahaan yang mempekerjakan untuk profil Anda, selain mencari judul pekerjaan yang berbeda yang digunakan setiap perusahaan untuk profil serupa. Ini juga merupakan cara terbaik untuk mengetahui lebih banyak tentang budaya perusahaan, lingkungan kerja, tim perekrutan, dan siapa yang harus didekati.

  1. Pencarian Orang LinkedIn

Pencarian orang memiliki tiga filter yang dapat Anda terapkan untuk mencari orang yang bekerja di Lokasi dan Perusahaan tertentu. Anda juga dapat memeriksa tingkat Koneksi ke jaringan Anda jika Anda berpikir untuk meminta rekomendasi di LinkedIn. 

Anda dapat memeriksa jaringan mereka untuk mengetahui lebih banyak orang di industri ini untuk terhubung dan belajar darinya.

  1. Pencarian Grup LinkedIn

Kelompok profesional memiliki anggota yang bekerja di bidang serupa di seluruh dunia. Mereka dapat menjelaskan berbagai vertikal industri, lokasi, perusahaan, dan pertunjukan lepas yang mempekerjakan untuk keahlian ini.

Bergabung dengan grup LinkedIn teratas untuk pencari kerja akan membantu Anda meningkatkan keterlibatan Anda di LinkedIn dan mendapatkan perhatian di antara perekrut. Dengan bergabung dengan grup populer, maka akan memberikan manfaat tambahan untuk belajar tentang acara networking untuk meningkatkan jangkauan Anda.

  1. Pencarian Posting LinkedIn

Postingan mungkin bukan cara terbaik untuk mencari pekerjaan atau koneksi, tetapi sedikit membaca akan membawa Anda ke informasi pekerjaan yang berdekatan yang dapat Anda gunakan untuk menemukan lebih banyak perusahaan, orang, kontak, dan profil.

Postingan dapat diurutkan menggunakan filter seperti Diposting oleh, Tanggal, Diurutkan berdasarkan, Industri Penulis, dan lain sebagainya.

  1. Pencarian Kursus LinkedIn

Kursus di LinkedIn dapat diurutkan berdasarkan Level pembelajaran dan Waktu untuk Menyelesaikannya. Ini akan menawarkan beberapa kursus pembelajaran terbaik untuk pencari kerja, dan yang paling penting adalah sepenuhnya gratis dan dihosting secara internal. Lainnya mengharuskan Anda untuk memiliki keanggotaan premium LinkedIn atau berlangganan untuk kursus tertentu.

  1. Pencarian Acara LinkedIn

Jika Anda bekerja di industri dengan kehadiran online yang signifikan, seperti pengembangan perangkat lunak, Anda akan melihat banyak daftar Acara relevan yang dapat Anda uraikan. Banyak vertikal industri tidak menjamin acara yang diselenggarakan secara profesional. 

Jika Anda menemukan acara untuk dihadiri, gunakan itu sebagai peluang jaringan profesional.

  1. Pencarian Layanan LinkedIn

Tab Layanan mencantumkan semua anggota LinkedIn yang menawarkan layanan yang serupa dengan milik Anda. Anda dapat menggunakan tiga filter Lokasi, Kategori Layanan, dan Koneksi untuk mengurutkannya.

Optimalkan resume Anda dengan bagian terbaik dari profil ini untuk meningkatkan peringkat Anda di seluruh portal pekerjaan.