Bocoran Desain Kamera Layar Lipat Xiaomi yang Bisa Dipakai Bersamaan
Xiaomi Store (dok. PocketLine)

Bagikan:

JAKARTA - Rumor ponsel layar lipat buatan Xiaomi kian santer terdengar. Terbaru, Xiaomi akan mengusung konfigurasi modul kamera unik untuk ponsel layar lipatnya.

Dilansir dari SeekDevice, Jumat 26 Juni, Xiaomi kembali mengajukan desain paten untuk ponsel layar lipatnya ke Kantor Nasional Kekayaan Intelektual China. Paten yang didaftarkan Beijing Xiaomi Mobile Software Co, Ltd itu telah disetujui dan dipublikasikan pada 23 Juni kemarin. 

Berbeda dari desain paten yang sebelumnya didaftarkan Xiaomi, pada 2019. Xiaomi mengusung konsep kamera depan dan belakang yang dapat berfungsi secara bersamaan, saat ponsel dilipat.

Melalui format kamera ini, memungkinkan Xiaomi untuk menyusun modul kamera di kedua sisi ponsel secara bersamaan. Sehingga pengguna bisa memaksimalkan kualitas kamera melalui penambahan jumlah lensa. 

Desain paten ponsel layar lipat Xiaomi (dok. SeekDevice)

Sayangnya Xiaomi tak menjelaskan secara rinci spesifikiasi lensa kamera yang digunakan. Hanya saja berdasarkan konsep desainnya, Xiaomi memangkas sedikit sisi atas layarnya untuk memberikan ruang yang cukup bagi kamera belakangnya saat terlipat.

Sekilas model desain ini mirip dengan Huawei Mate X, yang tidak menyematkan kamera depan. Sehingga panel layar dapat terasa lebih luas, dengan memindahkan titik beban modul kamera pada satu sisi yang tersusun secara vertikal.

Desain paten ponsel layar lipat Xiaomi (dok. SeekDevice)

Belum diketahui pasti apakah Xiaomi akan menggunakan konsep desain layar dan konfigurasi kamera yang digunakan. Namun yang pasti, Xiaomi bisa memangkas biaya tambahan dari penempatan kamera depan.

Terkait benar tidaknya desain paten ini, belum ada informasi lebih lanjut mengenai kehadiran ponsel anyar dari Xiaomi. Rumor lain mengatakan, Xiaomi akan menjual perangkatnya ini dengan harga yang jauh lebih murah dari kompetitor-kompetitornya.