Taiwan Ingin Investasi Pembangunan Pabrik Chip di Arizona
Arizona, wilayah yang diminati pemerintah Taiwan untuk bangun pabrik Chip. (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah kelompok pengembangan ekonomi Arizona pada hari Selasa mengatakan telah membuat kesepakatan dengan pejabat pembangunan ekonomi Taiwan yang bertujuan untuk membuat negara bagian AS itu  lebih menarik bagi industri semikonduktor Taiwan. Dikabarkan negara pembuat chip terbesar di dunia itu mengincar pabrik senilai 12 miliar dolar AS di Phoenix.

Kantor Promosi Kerjasama Industri Taiwan-AS, yang didukung oleh Kementerian Urusan Ekonomi Taiwan, menandatangani perjanjian dengan pejabat pembangunan ekonomi di wilayah Phoenix yang lebih luas untuk menemukan cara membawa lebih banyak industri semikonduktor Taiwan yang luas ke wilayah metro.

Langkah ini dilakukan ketika Taiwan Semiconductor Manufacturing Co, perusahaan chip terbesar di dunia dan pembuat semikonduktor untuk Apple Inc dan banyak lainnya, mengatakan ingin membangun pabrik di Phoenix.

Dewan kota Phoenix memberi lampu hijau kepada pejabat kota untuk bernegosiasi dengan pembuat chip pada bulan November. Akan tetapi rincian kesepakatan, termasuk kemungkinan keringanan pajak, belum dirilis. Reuters melaporkan pada bulan Mei TSMC mungkin membangun sebanyak enam pabrik di daerah tersebut, beberapa di antaranya dapat menggunakan teknologi paling canggihnya.

Daerah Phoenix sudah menjadi rumah bagi pabrik chip utama. Perusahaan  Intel Corp, dan NXP Semiconductors dan ON Semiconductor Corp  juga memiliki pabrik dan kantor di sana.

Chris Camacho, kepala eksekutif Dewan Ekonomi Greater Phoenix yang menandatangani perjanjian Selasa, 24 Agustus, mengatakan kelompoknya bekerja untuk mencari sebanyak mungkin pemasok TSMC dan perusahaan terkait lainnya ke daerah tersebut.

Dia mengatakan sekitar 40 perusahaan saat ini sedang mengevaluasi Arizona untuk kemungkinan investasi, tetapi menolak menyebutkan nama mereka karena perjanjian kerahasiaan.

Camacho mengatakan kelompoknya bekerja sama dengan sekolah dan pemerintah daerah di wilayah tersebut untuk mencoba mempermudah proses relokasi bagi keluarga Taiwan yang pindah ke daerah tersebut.

"Kami tidak menyesal mengejar menjadi tujuan global teratas untuk semikonduktor dan rantai pasokan semikonduktor," katanya dalam sebuah wawancara.