Tesla Luncurkan Chip untuk <i> AI Supercomputer </i>  Tahun Depan, Simak Keunggulannya
Tesla bangun supercomputer canggih untuk pelatihan AI. (foto: tesla)

Bagikan:

JAKARTA – Perusahaan pembuat kendaraan listrik dan energi bersih, Tesla, telah mengumumkan bahwa mereka telah merancang chip khusus untuk melatih jaringan kecerdasan buatan (AI) di pusat data.

Chip D1, diumumkan pada acara AI Day yang disiarkan langsung perusahaan, adalah bagian dari sistem supercomputer pelatihan jaringan saraf Dojo yang diumumkan sebelumnya, yang kini sedang dikembangkan. Chip ini mampu untuk "memproses data video dalam jumlah yang sangat besar," seperti umpan video dari mobil Tesla. Berdasarkan proses manufaktur 7-nanometer dan dioptimalkan untuk beban kerja pembelajaran mesin, chip D1 memiliki 362 teraflops daya pemrosesan.

Chip tersebut dikatakan terdiri dari lebih dari 50 miliar transistor dan memiliki ukuran die 645 mm 2. Perusahaan mengatakan bahwa 25 dari chip ini ditempatkan pada satu "ubin pelatihan", 120 di antaranya kemudian digabungkan di beberapa lemari server, menghasilkan di lebih dari exaflop kekuasaan.

"Kami akan segera merakit lemari pertama kami," kata Ganesh Venkataramanan, direktur senior perangkat keras Autopilot di Tesla kepada peserta dan pemirsa acara AI Day.  Teknologi Tesla, kata perusahaan, akan menjadi komputer pelatihan AI tercepat.

Adapun ketika supercomputer Dojo akan siap dalam beberapa waktu ke depan. "Kita harus memiliki Dojo beroperasi tahun depan," kata CEO Tesla Elon Musk.