Joe Biden Galang Pertemuan Keamanan Siber dengan Petinggi Perusahaan Digital AS
Presiden AS Joe Biden undang petinggi, Apple, Microsoft dan lain-lain bahasa keamanan siber. (foto: instagram @joebiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joe Biden berencana mengadakan pertemuan pada Rabu 25 Agustus, untuk membahas bagaimana perusahaan meningkatkan keamanan siber setelah gelombang pelanggaran keamanan dan serangan ransomware baru-baru ini.

Dalam pertemuan itu, Presiden AS ini mengundang, CEO Apple Tim Cook, CEO Microsoft Satya Nadella, dan CEO Amazon Andy Jassy akan hadir. Perusahaan raksasa lain seperti Google, IBM, JPMorgan Chase, dan perusahaan energi Southern Company juga telah diundang. Bahkan CEO Southern Company Tom Fanning menyatakan juga akan hadir dalam pertemuan itu, di Washington DC itu.

Meskipun tidak jelas apa yang akan dibahas oleh presiden dan peserta mana pun, pasti akan ada banyak hal untuk dibicarakan tentang insiden tertentu seperti peretasan besar-besaran Solarwinds, serangan ransomware Kaseya, atau penutupan Colonial Pipeline akibat serangan siber.

Apple, Microsoft, Google, Amazon, IBM, JPMorgan, dan Southern Company semuanya menolak berkomentar kepada Bloomberg tentang materi dalam acara itu. Bahkan juru bicara Southern Company menolak berkomentar kepada The Verge isi dari bahasan pertemuan. Perusahaan lain dan Gedung Putih belum menjawab permintaan komentar dari The Verge.

Jika menilik, minimnya perusahaan tersebut mengalami peretasan, Biden kemungkinan ingin mengajak mereka membentuk aliansi pasukan melawan para peretas yang semakin aktif menyerang infrastruktur inter dan data di AS.