Lawan  <i>Ransomware</i>, Joe Biden Bentuk Gugus Tugas Khusus Keamanan Siber
Presiden AS, Joe Biden, membentuk gugus tugas untuk memastikan keamanan jaringan di AS dari ancaman ransomware. (foto: instagram @ joebiden)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintahan Presiden Joe Biden bersiap untuk membentuk gugus tugas lintas pemerintah untuk memerangi serangan ransomware, Rabu, 14 Juli. Ini dilakukan, menyusul serangkaian peretasan tingkat tinggi yang mengeksploitasi kelemahan keamanan siber yang dapat mendatangkan malapetaka pada masyarakat di Amerika Serikat.

Melalui gugus tugas yang sebelumnya dirahasiakan, lembaga federal diharapkan mengambil tindakan defensif, seperti mempromosikan ketahanan digital di antara perusahaan infrastruktur penting, dan yang ofensif. Misalnya meluncurkan serangan siber pada operator ransomware

“Agen juga mengembangkan mekanisme untuk menghentikan pembayaran tebusan yang dilakukan melalui platform mata uang kripto, dan mereka mengoordinasikan semua kegiatan ini dengan sekutu asing,” kata juru bicara Senat yang namanya minta dak disebutkan. Pemerintah AS juga menunjuk Anne Neuberger sebagai wakil penasihat keamanan nasional untuk cyber dan teknologi baru 

Berita tentang gugus tugas ini muncul saat anggota parlemen dan para ahli menekan Presiden Joe Biden untuk menanggapi dengan lebih tegas atas kelambanan Presiden Rusia, Vladimir Putin, terhadap operator ransomware, yang dalam beberapa bulan terakhir telah melumpuhkan sebagian besar pasokan bensin Pantai Timur AS. Serangan mereka juga melumpuhkan sebuah perusahaan pengolahan daging besar dan melanggar vendor perangkat lunak TI Kaseya dan ratusan perusahaan yang terhubung dengannya.

“Kami harus mengirim pesan yang sangat kuat, bahkan tidak proporsional, ke Rusia bahwa kami tidak akan mentolerir ini,” kata anggota peringkat House Homeland Security John Katko kepada Bloomberg pekan lalu.

Tetapi Biden menghadapi beberapa pilihan bagus untuk mengubah perhitungan Putin. Sanksi bertahun-tahun terbukti tidak efektif, peraturan mata uang kripto menghadapi prospek yang menakutkan, sekutu di Eropa sangat bergantung pada pasokan energi Rusia dan serangan siber balasan dapat menjadi bumerang.

Kongres sudah mengejar pilihannya sendiri. Sekelompok senator bipartisan diharapkan untuk memperkenalkan undang-undang minggu ini atau minggu depan untuk meminta berbagai perusahaan, termasuk operator infrastruktur penting, untuk melaporkan peretasan kepada pemerintah. 

Komite Keamanan Dalam Negeri DPR AS juga sedang menyusun undang-undang serupa. Pejabat federal mengatakan kurangnya informasi tentang pelanggaran sektor swasta telah menghambat kemampuan mereka untuk melindungi negara dari ancaman digital.

Selama pengarahan Rabu, para pejabat meminta otoritas baru untuk menetapkan standar siber wajib untuk infrastruktur penting. Neuberger juga mengatakan kepada para senator bahwa Gedung Putih akan mengumumkan tiga langkah lain dalam beberapa hari mendatang, kata sumber di senat.

Badan Keamanan Cybersecurity dan Infrastruktur DHS akan meluncurkan situs web antarlembaga, stopransomware.gov, untuk mengumpulkan panduan defensif dari berbagai lembaga. Jaringan Penegakan Kejahatan Keuangan Departemen Keuangan juga akan mengadakan konferensi virtual tentang ransomware pada bulan Agustus. 

Selanjutnya Departemen Luar Negeri AS akan menggunakan program "Hadiah untuk Keadilan"  yang  menawarkan pembayaran tunai pada tip yang mengarah pada penangkapan operator ransomware.

Sementara itu, secercah harapan untuk perang melawan ransomware terwujud pada Selasa, 13 Juli, ketika geng REvil, yang melakukan serangan Kaseya, tiba-tiba menjadi gelap. Tidak jelas apakah AS atau Rusia mengganggu infrastruktur REvil atau jika para penjahat mematikan server mereka sendiri, seperti yang telah dilakukan kelompok lain di masa lalu setelah pertengkaran internal atau peningkatan pengawasan.