Tunggu Gugatan Blue Origin, NASA Hentikan Sementara Proyek dengan SpaceX
SpaceX tengah membangun roket super untuk NASA. (foto: twitter)

Bagikan:

Jakarta - NASA setuju pada Kamis, 19 Agustus untuk menghentikan sementara pekerjaan pada kontrak pendarat bulan senilai 2,9 miliar dolar AS yang diberikan kepada SpaceX perusahaan milik Elon Musk setelah Blue Origin perusahaan dari miliarder saingannya Jeff Bezos menggugat pemerintah AS.

Blue Origin mengatakan gugatannya, yang diajukan di Pengadilan Klaim Federal AS pekan lalu, adalah "upaya untuk memperbaiki kekurangan dalam proses akuisisi yang ditemukan di Sistem Pendaratan Manusia NASA." Seorang hakim AS telah menetapkan sidang 14 Oktober atas kasus tersebut.

NASA mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka menghentikan pekerjaan dengan SpaceX pada sistem pendaratan manusia hingga 1 November.

“Sebagai imbalan atas penghentian sementara pekerjaan ini, semua pihak menyetujui jadwal litigasi yang dipercepat yang berakhir pada 1 November,” kata badan antariksa AS. "Pejabat NASA terus bekerja dengan Departemen Kehakiman untuk meninjau rincian kasus ini dan menantikan penyelesaian masalah ini tepat waktu."

Kantor Akuntabilitas Pemerintah AS (GAO) bulan lalu memihak NASA atas keputusannya untuk memilih penyedia pendarat bulan tunggal, menolak protes Blue Origin.

SpaceX, yang dipimpin oleh Musk, CEO Tesla Inc, minggu ini mengintervensi gugatan untuk memastikan bahwa pengadilan "memiliki gambaran yang lengkap dan akurat tentang fakta dan keadaan seputar protes ini, termasuk kerugian substansial yang akan diderita SpaceX jika pengadilan memberikan bantuan yang diminta" oleh Blue Origin.

Blue Origin, perusahaan roket yang didirikan oleh pendiri Amazon.com Inc, Bezos, mengatakan tetap yakin ada "masalah mendasar" dengan keputusan NASA dan bahwa GAO tidak dapat mengatasinya "karena yurisdiksi mereka yang terbatas. ."

NASA mencari proposal untuk pesawat ruang angkasa yang akan membawa astronot ke permukaan bulan di bawah program Artemis untuk mengembalikan manusia ke bulan untuk pertama kalinya sejak 1972.

Badan antariksa mengatakan pada Kamis 19 Agustus bahwa "berkomitmen untuk Artemis dan untuk mempertahankan kepemimpinan global bangsa dalam eksplorasi ruang angkasa. Dengan mitra kami, kami akan pergi ke bulan dan tinggal untuk memungkinkan penyelidikan sains, mengembangkan teknologi baru, dan menciptakan pekerjaan bergaji tinggi untuk kebaikan yang lebih besar dan dalam persiapan untuk mengirim astronot ke Mars."

Pada bulan April, NASA memberikan SpaceX kontrak untuk membangun pesawat ruang angkasa seperti itu pada awal 2024.