Optimalkan Belajar Jarak Jauh, Zoom Luncurkan Fitur Mode Fokus
Dok Zoom

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi video konferensi Zoom baru saja meluncurkan fitur baru yang dijuluki Mode Fokus. Fitur ini memungkinkan siswa fokus saat melakukan pembelajaran jarak jauh atau PJJ di kelas virtual.

Mode Fokus akan membuat peserta tidak dapat melihat video atau berbagi layar satu sama lain, sementara host masih dapat melihat webcam semua orang. Artinya, guru dapat memutuskan kapan siswa akan terlihat oleh orang lain selama kelas virtual berlangsung.

Dilansir dari Engadget, Jumat 13, Agustus, Mode Fokus ini tersedia untuk diakses oleh akun gratis dan berbayar. Saat Mode Fokus diaktifkan, siswa di kelas virtual Zoom tidak dapat melihat siswa lainnya. Namun, bukan berarti siswa hanya melihat guru mereka saja, mereka masih dapat melihat video diri sendiri serta nama dan reaksi emoji dari siswa lain yang menghadiri kelas. Mereka juga akan dapat mendengar siswa lain saat fitur ini aktif.

Fitur tersebut berguna untuk menjaga siswa agar tidak saling mengganggu selama kelas berlangsung, dan bahkan dapat digunakan selain PJJ, misalnya, selama rapat perusahaan. Untuk mengaktifkan Mode Fokus, pengguna harus memiliki Zoom desktop versi 5.7.3 pada Windows atau Mac.


Itu berarti pengguna tidak dapat mengaktifkan fitur tersebut saat mengadakan rapat melalui perangkat seluler. Fitur ini hadir saat tahun ajaran baru dimulai di berbagai negara dan karena pandemi COVID-19 hingga kini masih terjadi.

Tampaknya ruang kelas virtual akan tetap bertahan dalam beberapa waktu ke depan. Jadi kemungkinan Zoom memanfaatkan moment ini untuk menambahkan fitur, demi meningkatkan pengalaman pembelajaran jarak jauh.