Ilmuwan Caltech Ungkap Asteroid 16 Psyche Berlapis Emas, Bisa Bikin Penduduk Dunia Kaya Raya
Asteroid 16 Psyche kaya akan kandungan logam mulia (Forbes)

Bagikan:

JAKARTA – Tim peneliti dari California Institute of Technology berhasil mengungkapkan kandungan logam mulia dalam asteroid 16 Psyche. Asteroid tersebut terbuat dari emas yang diperkirakan bakal bisa membuat kaya penduduk dunia. Para peneliti telah berhasil membuat peta suhu sehingga mampu mendeteksi kandungan logam mulia dalam asteroid tersebut.

Berdasarkan laporan SputnikNews, profesor Lindy Elkins-Tanton telah menghitung seluruh logam dalam asteroid tersebut yang dikalkulasikan senilai 10.000 kuadriliun dolar AS. Sebagai perbandingan, ekonomi dunia pada 2020 hanya mampu mencapai 84 triliun dolar AS.

Namun, asal-usul asteroid 16 Psyche masih diselimuti misteri. Sejumlah ilmuwan berpendapat bahwa asteroid tersebut merupakan bagian dari protoplanet yang terbentuk pada masa awal Tata Surya. Pada saat itu benda-benda angkasa saling menyatu dan bertabrakan.  

"Kami pikir fragmen inti, mantel, dan kerak benda-benda ini tetap ada hari ini dalam bentuk asteroid. Jika itu benar, itu memberi kami satu-satunya kesempatan nyata untuk mempelajari inti benda mirip planet secara langsung", ungkap Katherine dari Caltech de Kleer, asisten profesor ilmu planet dan astronomi.

Peta suhu buatan para ilmuwan Caltech tersebut membantu para peneliti untuk mempelajari permukaan asteroid termasuk peningkatan suhu panas dan dinginnya. Mereka berhasil mengungkapkan permukaan asteroid yang terdiri dari 30% logam mulia dan bebatuan yang tertutup butiran logam.

Hadirnya peta suhu tersebut menjadi sangat penting bagi penelitian yang dilakukan para ilmuwan. Hal ini diklaim bisa membantu NASA dalam mempelajari asteroid 16 Psyche pada tahun mendatang yang berencana meluncurkan pesawat antariksa Probe guna meneliti asteroid tersebut.