5 Teknologi dari Film <i>Minority Report</i> yang Sudah Terwujud, Salah Satunya Sering Kita Temui!
Film Minority Report (Google)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Genap 19 tahun sejak pertama kali film Minority Report diluncurkan. Meskipun tahun 2054 masih jauh –latar belakang dari cerita dalam film tersebut, banyak teknologi dalam film sains ilmiah ini yang sudah terwujud. 

Pastinya, sutradara Steven Spielberg tak pernah mengira bahwa teknologi yang ada di dalam karyanya bakal terwujud. Hanya butuh 19 tahun untuk merealisasikan sebagian besar imajinasinya. 

Lantas, apa saja teknologi dalam film Minority Report yang sudah terwujud? Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasannya.

Mobil Nirawak

Salah satu adegan paling ikonik dari film ini adalah saat John, karakter utama dan diperankan Tom Cruise, dalam pengejaran. Dalam adegan tersebut, John bersikejar dengan polisi menggunakan jalan raya yang dipenuhi mobil nirawak.

Ya, kini, adegan tersebut terasa tak jauh lagi. Tesla menjadi salah satu pemain terdepan dalam proyek mobil nirawak. Sedangkan sejumlah produsen mobil kawakan juga sudah menyatakan ketertarikannya untuk mengembangkan jenis moda transportasi ini.

Mobil nirawak Tesla (HearstApps)

Iklan yang Dipersonalisasikan

Selama masa persembunyian, John merasa bahwa dirinya diikuti oleh teknologi. Ke mana pun kaki melangkah, iklan di layar selalu menyebutkan namanya serta menampilkan produk-produk yang sesuai minatnya. 

Kini, kita bisa menemukan iklan yang dipersonalisasi pada media sosial. Tak hanya itu, perusahaan periklanan asal London juga sudah mengembangkan billboard yang mampu menyesuaikan konten dengan pengguna di sekitar.

Rumah dengan Kontrol Menggunakan Suara

Pada tahun 2002, mungkin sikap John saat menghidupkan lampu menggunakan perintah suara terlihat futuristik. Canggih. Tapi, otomatisasi rumah bukanlah hal yang asing saat ini. Kini masyarakat mengenalnya sebagai Smart Home atau rumah pintar.

Smart Home biasanya mengandalkan seperangkat gawai yang terkoneksi antara satu dan yang lain. Akibat koneksi itu pula, pemilik bisa dengan mudah memerintahkan tugas sederhana hanya lewat suara saja. Misal, menghidupkan lampu, memutar musik lewat Spotify, streaming video YouTube, dan masih banyak lagi.

Iklan yang dipersonalisasi (Dezeen)

Pemindai Wajah dan Mata

Sejak tahun 2011, FBI mengembangkan teknologi yang disebut NGI, Next Generation Identification. Teknologi ini mengintegrasikan sensor sidik jari, retina, dan pemindai wajah untuk membantu mesin komputer mencari data tindak kriminal seseorang. 

Di dalam film, akibat pemindaian mata, lokasi John jadi mudah diketahui oleh pihak berwenang. Oleh karena itu, untuk menghindari sistem pemindai optis yang terpasang secara luas di kota, John pun menempuh risiko dengan menjalani transplantasi retina mata.

Kebijakan Prediktif

Hampir semua orang ingin mengetahui jalannya masa depan. Hal itu pula yang menjadi nilai utama dari film Minority Report. Mengisahkan tentang bagaimana kondisi manusia ketika ada teknologi yang bisa meramalkan peristiwa di masa depan.

Kini, Kementerian Pertahanan sedang mengembangkan teknologi tersebut. Ingat, teknologi, bukan klenik atau sesuatu yang bersifat supranatural. Dan oleh pemerintah AS, teknologi ini disebut Global Information Dominance Experiments (GIDE).

Mengandalkan Kecerdasan Buatan, teknologi ini diklaim mampu ‘meramalkan’ peristiwa di masa depan.