Facebook Mendesain Ulang Tampilan di Aplikasi Selulernya
Facebook, selalu memperbarui tampilannya. (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Facebook baru saja mendesain ulang halaman pengaturan di aplikasi, untuk mempermudah pengguna menemukan berbagai alat dan opsi yang tersedia. Format yang diperbarui akan meringkas setiap opsi.

“Kami telah mendesain ulang seluruh menu pengaturan kami di perangkat seluler dari atas ke bawah untuk mempermudah pencarian. Alih-alih memiliki pengaturan yang tersebar di hampir 20 layar yang berbeda, mereka sekarang dapat diakses dari satu tempat,” kata Facebook seperti dihimpun dari Social Media Today, Kamis 5 Agustus.

Pembaruan ini juga mengelompokkan beberapa elemen bersama-sama, mengurangi jumlah opsi utama yang ditampilkan. Misalnya saja menu Payment, akan menggabungkan semua alat pembayaran menjadi satu di dalamnya.

"Baik itu mengelola iklan yang di lihat orang, menyesuaikan setelan berbagi, atau mengkurasi audiens untuk postingan, orang tidak perlu berpikir terlalu keras tentang harus mulai dari mana. Itu sebabnya kami mengurangi jumlah kategori, dan menamainya lebih banyak," ungkap Facebook.

Tampilan pengaturan, catatan Facebook, sekarang dikelompokkan ke dalam enam kategori besar, dengan masing-masing mencakup berbagai alat dan opsi terkait. Kategori tersebut yakni Akun, Preferensi, Audiens dan Visibilitas, Izin, Informasi Anda, Standar Komunitas dan Kebijakan Hukum.

Jelas, ini adalah pendekatan yang disederhanakan dengan format yang lebih ringkas sehingga memudahkan untuk menemukan apa yang pengguna cari, dan akan membantu pengguna lebih memahami berbagai opsi yang tersedia.

Jelas, ini adalah pendekatan yang disederhanakan dengan format yang lebih ringkas sehingga memudahkan untuk menemukan apa yang pengguna cari, dan akan membantu pengguna lebih memahami berbagai opsi yang tersedia.

Facebook mengatakan bahwa format yang diperbarui juga memungkinkannya untuk merelokasi beberapa pengaturan mandiri sehingga diposisikan di samping pengaturan terkait di layar.

"Misalnya, pengaturan News Feed, yang sebelumnya hidup dalam kategori yang lebih kecil, sekarang berada di bawah Preferensi di mana itu dikelompokkan dengan pengaturan yang sama," jelas Facebook.

Selain itu, Facebook juga telah memperbarui alat pencarian pengaturannya, untuk membantu pengguna menemukan bagian yang mereka butuhkan, juga menghapus kategori Pengaturan Privasi sepenuhnya. Tetapi Facebook menambahkan pintasan baru ke Pemeriksaan Privasi di bagian atas halaman arahan Pengaturan.