Bulan September, Pengguna Tak Lagi Bisa Gunakan Tampilan Klasik Facebook
Tampilan baru Facebook (dok. Facebook)

Bagikan:

JAKARTA - Facebook telah menyegarkan tampilan situs webnya, dengan desain layout baru yang lebih segar dan sederhana. Agar maksimal, Facebook meminta penggunanya untuk meninggalkan tampilan lamanya dan beralih ke laman baru.

Melansir The Verge, pengguna Facebook bisa memilih tampilan situs webnya dengan desain klasik atau baru. Namun perlahan-lahan, Facebook justru memaksa penggunanya untuk bermigrasi ke desain baru. 

Sebab, Facebook akan menyudahi dukungan untuk tampilan situs web klasiknya, bulan September mendatang. Itu artinya, pengguna tak akan lagi mendapatkan laman beranda Facebook dengan warna khas biru di bagian navigasinya. 

"Tampilan Facebook klasik tak akan lagi tersedia pada bulan September. Sebelum itu, kami berharap Anda dapat memberi tahu kami bagaimana bisa terus menjadikan Facebook lebih baik untuk semua orang," tulis Facebook dalam notifikasi pembaruannya, Senin, 24 Agustus. 

Notifikasi Facebook (dok. Facebook)

Sejatinya, Facebook telah menggulirkan tampilan baru untuk Facebook versi desktop atau web, sejak Maret 2020. Desain antarmuka baru ini meliputi tampilan yang lebih bersih dengan banyak ruang berwarna putih, demikian pula dengan mode gelap. 

Secara fungsional, tampilan baru juga menonjolkan fokus yang lebih besar pada fitur layanan Grup, serta secara jelas menampilkan tautan ke bagian Facebook Watch, Marketplace dan Gaming pada bilah navigasi atas. Desain ini juga menata ulang susunan menu di sisi kiri Facebook atau yang biasa disebut sidebar.

Pembaruan tampilan antarmuka ini juga digulirkan secara merata untuk versi aplikasi Facebook di iOS maupun Android. Facebook mengklaim tampilan barunya ini, memiliki respon lebih cepat dan stabil.