Snapchat di Ponselmu Masih <i>Down</i>? Coba Atasi dengan Cara Ini
Aplikasi Snapchat (Brightspot)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Akhir bulan lalu, sejumlah pengguna Snapchat mengeluh di media sosial lantaran tidak bisa mengakses aplikasi pengiriman pesan ini. Dilaporkan, Snapchat sempat mengalami down dan membuat pengguna tidak bisa mengaksesnya.

Memang, peristiwa itu dilaporkan cuma berlangsung beberapa jam saja. Dan begitu kerusakan diperbaiki, perusahaan pun meminta agar pengguna bersigegas memperbarui aplikasi. Terutama untuk pengguna yang masih gagal mengakses aplikasi.

Kronologi Snapchat Down

Keributan muncul pada akhir tanggal 29 Juli lalu. Perusahaan membagi cuitan lewat Twitter dan menegaskan bahwa ada masalah pada aplikasi. Selain itu, perusahaan juga meminta agar seluruh pengguna untuk bersabar sembari menanti eror selesai diperbaiki.

“Kami mengetahui adanya masalah yang membuat Snapchatter (pengguna Snapchat, -red) tidak bisa login. Sabar dulu, kami sedang melakukan pengecekan dan memperbaikinya,” cuit perusahaan lewat akun Twitter resmi mereka, Jumat, 30 Juli.

Pengumuman eror Snapchat (Twitter @snapchatsupport)

Sayangnya, ternyata butuh waktu lama untuk memperbaiki kerusakan tersebut. Mengutip Make use Of, total waktu yang dibutuhkan perusahaan untuk memperbaikinya hingga 5 jam.

Tak hanya itu, perusahaan juga menyatakan bahwa pengguna yang masih gagal membuka aplikasi diharapkan untuk segera melakukan pembaruan. Diketahui, perusahaan sudah menambahkan sejumlah perbaikan pada versi aplikasi terbaru. Sehingga, diharapkan bisa mengatasi masalah tersebut. 

“Masalah sudah diperbaiki. Jika kamu masih mengalami masalah ini, tolong perbarui aplikasi secara manual lewat App Store,” lanjut Snapchat Support.

Snapchat memperbaiki aplikasi (Twitter @snapchatsupport)

Siapa sangka, pemberitahuan yang seharusnya menjadi kabar gembira justru malah diramaikan protes pengguna. Banyak pengguna Snapchat membalas cuitan terakhir perusahaan sembari menyisipkan dokumen foto berisi eror baru yang ditemui. 

Bahkan, ada banyak pengguna yang mengaku masih belum bisa mengakses aplikasi –sekalipun sudah memperbaruinya. Contohnya, beberapa pengguna malah mendapati pemberitahuan yang muncul di layar dan menjelaskan ada eror pada koneksi. Padahal, koneksi internet yang digunakan baik-baik saja jika dipakai untuk membuka aplikasi lain.

Cara Mudah Mengatasi Snapchat Eror ala VOI

Ini bukanlah kali pertama Snapchat mengalami Down. Sudah berulang kali. Sehingga, kita dengan mudah menemukan tips dan trik khusus untuk mengatasinya. 

Memang, pengguna aplikasi Snapchat di Indonesia tidaklah sebanyak WhatsApp atau platform sejenis lainnya. Tapi, bukan berarti tidak ada. 

Oleh karena itu, untuk pengguna Snapchat, tim VOI sudah rangkumkan beberapa tips mengatasi Snapchat down. Langsung praktikkan salah satu langkah di bawah aja, ya.

  1. Matikan koneksi Wi-Fi dan cek koneksi internet yang Anda gunakan
  2. Tutup lalu perbarui versi aplikasi lewat App Store atau Play Store
  3. Bersihkan file cache pada aplikasi Snapchat
  4. Hapus percakapan yang tersimpan 
  5. Restart perangkat

Nah, itulah beberapa cara mengatasi aplikasi Snapchat eror. Semoga bisa membantumu untuk kembali mengakses aplikasi ini, ya.