Survey: Adopsi <i>Cryptocurrency</i> Global Meningkat 221 Juta Pengguna pada 2021
Pengguna mata uang kripto meningkat dua kali lipat sejak Januari hingga Juni 2021 (Moneycontrol)

Bagikan:

JAKARTA – Sebuah penelitian terbaru menunjukan bahwa penggunan mata uang kripto telah mengalami peningkatan sejak Januari hingga Juni 2021. Survey tersebut dilakukan oleh Crypto.com, perusahaan perdagangan kripto. Mereka menemukan peningkatan dua kali lipat dari sebelumnya.

Melansir Bitcoin.com News, peningkatan tersebut disebkan oleh bangkitnya gerakan Keuangan Terdesentralisasi (DeFi), Tesla yang berencana menerima pembelian mobil listrik dengan Bitcoin, Microstrategy, Visa, Mastercard, dan El Salvador yang mengadopsi Bitcoin sebagai alat tukar resmi negara.   

Sebagaimana diketahui, El Salvador telah melakukan gerakan penting dalam melakukan hal penting dalam sejarah mata uang kripto pada umumnya. Hal ini merupakan angin segar dalam perkembangan mata uang kripto.

Crypto.com mendapati bahwa adopsi mata uang kripto meroket dari 106 juta pada awal tahun 2021 menjadi 221 juta pengguna. Hal tersebut dipengaruhi oleh bullish-nya Bitcoin yang menembus harga tertinggi sepanjang masanya (ATH) pada kuartal pertama 2021 lalu.

Survey bertajuk “Measuring Global Crypto Users” tersebut berdasrkan kumpulan data dari sejumlah perdagangan kripto terkemuka seperti Binance, Huobi, Kraken, Gemini, Bitfinex, Okex, dan Upbit.

Selama kuartal kedua, Ethereum (ETH) mengalami pertumbuhan investor karena sentimen positif terhadap mata uang kripto tersebut. Booming-nya koin meme mendorongnya ke level baru. Sebut saja Dogecoin (DOGE) dan Shiba Inu (SHIB) yang popularitasnya mengalami kenaikan dalam beberapa bulan terakhir. Koin tersebut mendapat dukungan dari Elon Musk sehingga membuat DOGE dan SHIB menjadi sorotan publik.

Sebelumnya, pada Mei 2020 survey mmencatat bahwa pertumbuhan pengguna kripto memerlukan waktu 9 bulan untuk tumbuh dari 65 juta ke 100 juta pengguna . Namun, kini hanya memerlukan waktu 6 bulan saja untuk mencapai 221 juta dari 106 juta pengguna. Selain itu, presentase investor altcoin juga mengalami pertumbuhan signifikan dari 20 persen, tumbuh menjadi 38 persen pada penghujung triwulan II.

CEO Crypto.com, Kris Marszalek mengungkapkan bahwa pertumbuhan yang pesat tersebut sangat menggembirakan bagi seluruh industri mata uang kripto.

“Pertumbuhan yang telah kami lihat pada paruh pertama tahun 2021 di platform kami dan di seluruh industri sangat menggembirakan, dan kami akan terus berinvestasi besar-besaran saat kami mengejar tujuan kami untuk menempatkan cryptocurrency di setiap dompet,” ungkap Marszalek.