Makin Marak Diperdagangkan, Senator Warren kembali Peringatkan Risiko Perlindungan Mata Uang Kripto
Elizabeth Warren dikenal sebagai senator yang sering mencela bitcoin dan uang kripto lainnya. (foto: instagram @elizabettwarren)

Bagikan:

JAKARTA – Senator Elizabeth Warren, perwakilan Partai Demokrat dari Massachusetts, telah meminta Menteri Keuangan Amerika Serikat Janet Yellen dan regulator lainnya untuk mengembangkan kerangka kerja “komprehensif dan terkoordinasi” untuk mengatasi risiko di pasar mata uang kripto .

Dalam sebuah surat yang ditujukan kepada Yellen, senator Demokrat mengatakan Dewan Pengawas Stabilitas Keuangan, juga dikenal sebagai FSOC, “harus bertindak cepat untuk menggunakan otoritas hukumnya untuk mengatasi risiko mata uang kripto  dan mengatur pasar untuk memastikan keamanan dan stabilitas konsumen dan sistem keuangan kami." 

“Karena permintaan untuk mata uang kripto terus tumbuh dan aset ini menjadi lebih tertanam dalam sistem keuangan kami, konsumen, lingkungan, dan sistem keuangan kami berada di bawah ancaman yang berkembang,” ungkap Warren dalam suratnya. 

Dalam pandangan Warren, pasar mata uang kripto yang tidak diatur menimbulkan risiko yang signifikan terhadap dana lindung nilai dan bank. Dia juga mengutip kekhawatiran tentang penggunaan cryptocurrency dalam serangan siber dan ancaman yang ditimbulkan oleh stablecoin.

Di dalam Senat Amerika Serikat, Warren telah muncul sebagai salah satu pencela terbesar kripto. Pada bulan Juni, dia menggambarkan aset digital seperti Dogecoin (DOGE) sebagai “alternatif tingkat keempat untuk mata uang riil” dan mendesak Komite Perbankan Senat untuk mempertimbangkan penyusunan peraturan yang lebih ketat.

Seruan untuk mengatur mata uang kripto telah semakin keras dalam beberapa bulan terakhir karena meningkatnya serangan kripto ransomware dan dugaan dampak lingkungan dari penambangan Bitcoin (BTC). Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, Komisi Sekuritas dan Pertukaran telah mengusulkan untuk bekerja dengan Kongres untuk menyusun peraturan mata uang kripto yang lebih komprehensif. 

Gary Gensler, ketua regulator sekuritas yang baru diangkat, mengatakan kepada subkomite kongres pada bulan Maret bahwa agensinya hanya menghabiskan 325 juta dolar AS per tahun untuk meneliti teknologi blockchain.

Terlepas dari kritiknya terhadap aset kripto secara umum, Warren tampaknya jauh lebih terbuka terhadap gagasan mata uang digital bank sentral, atau CBDC. Federal Reserve sedang dalam proses meneliti pengembangan CBDC, tetapi belum membuat rencana pasti untuk bergerak maju. Sejauh bank sentral utama pergi, Fed dianggap jauh di belakang kurva adopsi sehubungan dengan CBDC.