Senator Elizabeth Warren Sebut Stablecoin Bisa Mengancam Ekonomi Negara, Kok Bisa?
Elizabeth Warren sebut stablecoin akan mengganggu ekonomi negara (Business Insider)

Bagikan:

JAKARTA – Salah satu senator AS, Elizabeth Warren mengungkapkan bahwa stablecoin dapat mengancam ekonomi negara dan juga menimbulkan risiko bagi konsumen. Warren beranggapan bahwa koin stabil seperti USDT dan USDC “menopang salah satu bagian paling tidak layak dalam dunia kripto, DeFi (keuangan terdesentralisasi), di mana konsumen sangat tidak terlindungi dari penipuan.”

Dilansir dari Cryptopotato, ini bukan pertama kalinya dia mencap industri kripto dengan sebutan “shady” atau serupa. Pada bulan Juli, Senator yang marah mengatakan bahwa “pembuat kode super bayangan” berada di belakang kripto, menjadikannya ancaman bagi sistem keuangan AS. Pernyataan terbaru ini dilontarkan oleh Warren pada sidang Komite Senat tentang Perbankan, Perumahan, dan Urusan Perkotaan pada 14 Desember.

“Stablecoin menimbulkan risiko bagi konsumen & ekonomi kita. Mereka menopang salah satu bagian paling teduh dari dunia crypto, DeFi, di mana konsumen paling tidak terlindungi dari penipuan. Regulator kami harus serius dalam menekan sebelum terlambat,” tulis senator Warren dalam postingan Twitter pada 14 Desember kemarin.

Stablecoin memang mengancam sistem keuangan tradisional seperti yang dirancang. Federal Reserve mengontrol dolar, dan itu telah menjerumuskan ekonomi ke dalam krisis dengan pencetakan uang yang belum pernah terjadi sebelumnya yang mengakibatkan tingkat inflasi setinggi 40 tahun.

Pada sidang yang sama, Senator Sherrod Brown bergabung dengan Elizabeth Warren dan memberi label kripto sebagai “uang ajaib.” Senator Brown membuka sidang dengan kemarahan terhadap stablecoin dan hubungan mereka dengan “ekonomi fantasi baru” ini. Dia menambahkan bahwa mereka memfasilitasi pengguna mempertaruhkan uang pada cryptocurrency yang bergejolak dan terkadang curang.

Hanya seminggu yang lalu, sejumlah CEO dan eksekutif crypto melakukan perjalanan ke Capitol Hill untuk menjelaskan peran stablecoin dan apa industri itu semua dalam upaya untuk memadamkan kekhawatiran dan pernyataan yang meluas ini.

Upaya-upaya itu tampaknya tidak didengarkan jika dilihat dari semangat yang datang dari para pembuat kebijakan anti-kripto ini. Persidangan terjadi pada hari yang sama ketika Tether digugat dengan gugatan lain yang oleh CTO Paolo Ardoino dicap sebagai “omong kosong dan peniru.”