Indiana Uji Coba Magment, Jalan Beton Pengisi Daya Listrik Saat Mobil Berjalan
Pemerintah negara bagian Indiana, ingin mencoba jalan beton yang bisa menyalurkan daya listrik ke mobil. (photo: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur negara bagian Indiana di AS, telah mengumumkan bahwa Departemen Transportasi Indiana dan Universitas Purdue akan segera mulai menguji kelayakan "Magment"—beton bermagnet untuk digunakan dalam mengisi daya kendaraan listrik saat mereka mengemudi. Magment dikembangkan oleh perusahaan Jerman dengan nama yang sama.

Selama ini beberapa inisiatif telah dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir yang bertujuan untuk mengisi daya kendaraan listrik saat mereka berkendara, menyediakan daya dari jalan atau jalur di dekatnya.

Dalam upaya baru ini, tim peneliti dari Universitas Purdue, bekerja sama dengan insinyur jalan dari INDOT akan membangun jalan kecil di atau dekat kampus Purdue musim panas ini. Jika pengujian berhasil, ruas jalan lain akan dibangun, kali ini ruas seperempat mil di lokasi INDOT. 

Di sana, jalan akan diuji dengan truk listrik yang membutuhkan minimal 2000 kilowatt. Jika tes kedua berjalan dengan baik, INDOT berencana menambah satu bagian material ke ruas jalan umum yang belum diketahui.

Magment belum merilis banyak detail teknis mengenai produknya tetapi situs webnya menunjukkan segmen jalan (atau lantai) yang terbuat dari partikel magnet yang dicampur dengan beton diterapkan pada substrat. 

Ini akan sangat berbeda dari cara pembuatan jalan biasa—biasanya, material dituangkan dan dibuang ke jalur yang telah disiapkan, lalu dipadatkan dan dihaluskan. Juga tidak jelas bagaimana jalan seperti itu akan dialiri listrik dan apakah jalan tersebut akan aman bagi pejalan kaki. 

Halaman Magment mengklaim bahwa produk mereka mampu mentransfer daya dari jalan ke kendaraan dengan efisiensi 95%. Mereka juga mengklaim bahwa itu dapat bertahan dalam semua kondisi cuaca, memiliki tingkat konduktivitas termal yang tinggi, aman dari vandalisme dan tidak memerlukan biaya lebih untuk digunakan daripada bahan bangunan jalan standar. 

Mereka juga mencatat bahwa Magment dapat dibuat secara lokal, melalui lisensi, jika negara bagian seperti Indiana ingin menempuh rute itu.

Proyek di Indiana dibiayai oleh National Science Foundation dan  akan menjadi bagian dari Proyek Advancing Sustainability through Power Infrastructure for Road Electrification. 

Belum diketahui apakah pejabat Indiana berencana untuk menyebarkan Magment di proyek-proyek masa depan lainnya jika instalasi awalnya berjalan dengan baik.