BMW Kenalkan Dua Konsep Skuter Canggih Ramah Lingkungan
Skuter listrik canggih dan ramah lingkungan dari BMW. (foto: dok. BMW)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah sukses dengan jajaran mobil listriknya, BMW sekarang mulai fokus pada kendaraan roda dua bertenaga baterai. Pabrikan asal Jerman ini meluncurkan dua konsep kendaraan mobilitas perkotaan baru yang dirancang untuk digunakan di area urban tanpa emisi.

Dikutip dari CNET, Kamis 29 Juli, konsep inovatif kendaraan roda dua atau lebih tepatnya dijuluki skuter ini, datang tak lama setelah BMW mengungkapkan skuter CE-04. Ini juga menandakan komitmen teguh perusahaan terhadap revolusi listrik.

Desain skuter pertama memiliki roda tiga kompak yang disebut Dynamic Cargo. Seperti namanya, skuter itu memiliki bagasi yang dapat menampung belanjaan, koper dan lainnya. Bagasi ini juga dapat dilengkapi dengan berbagai attachment modular.

"Tujuan kami adalah untuk mengembangkan konsep yang mempertahankan kelincahan dan nuansa berkendara dari sepeda normal sambil menambahkan pilihan transportasi yang inovatif dan aman," ungkap kepala konsep kendaraan di divisi teknologi baru BMW dan China, Jochen Karg.

Untuk mencapai kemampuan berkendara tersebut, sepeda roda tiga ini menggunakan roda depan tunggal yang besar ditambah sepasang roda belakang yang memungkinkannya menikung secara efisien.

Sedangkan model kedua dijuluki Clever Commute, skuter ini dirancang untuk para pekerja yang ingin memiliki kendaraan ramah lingkungan. Skuter nol-emisi ini dapat dilipat dan bahkan disimpan di bagasi mobil MINI Cooper.

Clever Commute juga bisa ditaruh di bawah meja kerja. Meski memiliki bentuk yang kecil bukan berarti tidak perkasa. Skuter ini memiliki mesin yang dipasang di hub roda depan yang menurut BMW akan membantu pengguna bisa menaiki tanjakan.

Untuk sektor baterainya, itu dapat dilepas dan diisi ulang di rumah. Sayangnya, BMW belum memberikan rincian mengenai kekuatan, jarak tempuh atau bahkan kepastian apakah kedua skuter ini akan dijual secara global.