Instagram Akan Beri Pengguna Kontrol di Tab Jelajahi dengan Fitur Baru Ini
Instagram kembali meluncurkan fitur baru. (foto: Georgia de Lotz / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Aplikasi berbagi foto dan video Instagram kembali meluncurkan fitur baru yang cukup ditunggu-tunggu oleh penggunanya, yaitu Sensitive Content Control. Fitur ini nantinya akan memberi pengguna kendali atas seberapa banyak konten sensitif yang akan mereka lihat di tab Jelajahi. 

Diberitakan sebelumnya, tab Jelajahi menampilkan foto, lokasi, dan pencarian populer berdasarkan minat pengguna dan memungkinkan mereka untuk memilih dari kategori seperti kuliner, seni, fashion, perjalanan dan lainnya.

Nah, fitur baru, yang disebut Sensitive Content Control atau Kontrol Konten Sensitif, akan memungkinkan pengguna untuk memutuskan apakah mereka ingin melihat lebih banyak atau lebih sedikit dari beberapa jenis konten sensitif yang tidak selalu melanggar aturan Instagram, seperti unggahan yang mungkin menjurus ke arah seksual atau kekerasan.

"Kami menyadari bahwa setiap orang memiliki preferensi berbeda untuk apa yang ingin mereka lihat di Jelajahi, dan kontrol ini akan memberi orang lebih banyak pilihan atas apa yang mereka lihat," ujar Instagram dalam blog resminya yang VOI kutip dari Reuters, Rabu 21 Juli.

Instagram, seperti platform media sosial lainnya, telah lama bergulat dengan cara mengawasi konten bermasalah atau berbahaya di platformnya.

Aplikasi ini telah membuat perubahan lain bagi pengguna untuk membentuk pengalaman mereka, termasuk menambahkan alat baru bagi orang-orang untuk menonaktifkan komentar atau membatasi orang untuk berinteraksi dengan mereka.

Platform media sosial milik Facebook itu telah menginvestasikan miliaran dolar untuk menghadirkan pembuat konten di platform mereka, seraya mendorong untuk mengizinkan konten yang aman di platform mereka saat persaingan antar media sosial memanas.

Cara Menggunakan Fitur Ini

Anda hanya perlu membuka Pengaturan aplikasi, lalu mengetuk Akun dan Kontrol Konten Sensitif. Kemudian, Anda dapat mengurangi jumlah pos sensitif di umpan Jelajahi dengan memilih "Batasi Lebih Banyak lagi" atau Anda juga dapat mematikan filter dengan mengubah dari opsi "Batasi" default menjadi "Izinkan".

Perlu diingat, pilihan itu tidak akan tersedia untuk pengguna berusia di bawah 18 tahun. Anda dapat mengubah pengaturan tersebut kapan saja.