Ponsel Anda Disadap? Ini 7 Cara Mengetahui Adanya Penyadapan di Ponsel
Waspada ponsel Anda, jika terdapat beberapa gangguan yang tak wajar. (foto: Devin Kaselnak/unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Maraknya spyware Pegasus yang digunakan menyadap wartawan, politis, pebisnis dan aktivis, membuat  kita harus waspada pada ponsel kita. Jangan-jangan ada yang memata-matai kita. 

Para peretas mungkin bisa mendengarkan panggilan, membaca dan mengirim pesan dan email, atau mengubah informasi di antarmuka. Tapi bagaimana kita tahu jika ponsel sudah disadap?

Inilah cara mengetahui apakah ponsel Anda disadap.

1. Masalah Baterai

Baterai panas yang terjadi di ponsel kita harus menjadi khusus. Ponsel menjadi sangat panas jika menggunakan banyak aplikasi dan mengonsumsi media juga akan membuat ponsel Anda lebih hangat.

Baterai yang panas juga bisa menjadi tanda penyadapan ponsel. Perangkat lunak berbahaya dapat berjalan di latar belakang, memungkinkan orang lain untuk menyadap Anda. Jika baterai terus habis, meskipun Anda tidak sering menggunakannya, ini pertanda aneh yang wajiab diwaspadai.  Curigalah jika ponsel Anda tidak dapat diisi daya.

2. Peningkatan Penggunaan Data Seluler

Mengawasi tagihan telepon Anda dapat menghemat banyak uang selain itu bisa membantu dalam menemukan spyware.  Jika jumlah tagihan ponsel ini meningkat secara dramatis, Anda perlu tahu mengapa itu terjadi. Jika Anda tidak dapat menemukan alasannya, mungkin ada pihak ketiga yang mencegat pesan Anda.

Perangkat lunak berbahaya menggunakan data Anda untuk mengirim informasi yang dikumpulkan ke sumber luar. Tidak hanya mengandalkan Wi-Fi rumah tapi juga itu akan menghabiskan data di mana pun Anda berada.

3. Iklan dan Aplikasi yang Tidak Diinginkan

Anda harus tahu persis apa yang ada di ponsel Anda, terutama aplikasi yang berjalan di latar belakang. Jika ada aplikasi yang sebelumnya tak pernah Anda instal namun berjalan di belakang, ini harus diwaspadai.

Ada 17 aplikasi penipuan ditemukan di App Store. Ini awalnya diyakini mengandung malware Trojan, tetapi sebenarnya adware yang menampilkan iklan berbahaya kepada pengguna.

Adware juga dapat digunakan untuk mengumpulkan data dan membuka pintu belakang bagi peretas. Jadi  mengklik tautan apa pun dapat menyebabkan lebih banyak malware.

4. Masalah Kinerja Umum

Jika ponsel Anda mengalami kelambatan kinerja, mungkin ada metode yang digunakan penjahat dunia maya untuk menyadap telepon Anda. Anda dapat memeriksa aplikasi mana yang menggunakan RAM paling banyak.

Di iOS, Anda perlu membuka Pengaturan> Umum> Penyimpanan iPhone. Di Android, klik Pengaturan > Aplikasi dan geser ke Menjalankan. Anda mungkin akan melihat Foto dan Musik di dekat bagian atas daftar. Dari sini, Anda dapat menilai penggunaan aplikasi Anda dengan benar, dan memeriksa apa pun yang tidak benar.

5. Pesan Aneh Dapat Menunjukkan Penyadapan Telepon

Apa yang mungkin Anda anggap sebagai spam, gangguan, atau nomor yang salah dapat menjadi peringatan bahwa ada sesuatu yang salah. SMS yang mencurigakan berupa angka, karakter, dan simbol yang tampaknya acak, dan yang dirasa aneh harus diwaspadai. 

Jangan abaikan pesan yang mencurigakan. Kemungkinan besar penyebabnya adalah  yang digunakan oleh penjahat dunia maya. Jika belum terpasang dengan benar, pesan berkode akan muncul di kotak masuk Anda yang seharusnya tidak diperhatikan.

Jika ada keluarga atau teman yang mengatakan Anda telah mengirimi mereka teks atau email aneh, ponsel Anda mungkin sudah disusupi malware. Awasi aktivitas apa pun yang tidak Anda kenali. Jika Anda tidak ingat mengirimkan sesuatu, maka curigalah.

6. Situs Web Terlihat Berbeda

Ada aplikasi jahat di ponsel  yang dapat mengubah tampilan situs web yang sering Anda kunjungi menjadi berbeda. Mungkin ada Malware yang bertindak sebagai proxy, mencegat komunikasi antara Anda dan situs yang Anda coba kunjungi. Mungkin menampilkan halaman palsu kepada Anda, atau sekadar melacak apa pun yang Anda ketik.  

Ini benar-benar menjadi masalah jika Anda menggunakan perbankan online — atau memang apa pun yang memerlukan detail pribadi. Itu bisa berupa kata sandi, detail keuangan, atau hanya Informasi Identifikasi Pribadi (PII), mata uang utama di Web Gelap.

7. Gunakan Kode Penerusan Android Seperti *#21#

Kode itu hanya berfungsi pada ponsel Android, tetapi ini adalah cara sempurna untuk mengetahui apakah ada data Anda yang diteruskan ke pihak ketiga.

Cukup buka antarmuka keypad Anda dan ketik *#21*, *#67#, atau *#62# lalu ketuk ikon “panggil”. Jika satu tidak berhasil, coba yang lain. Kode itu mengarahkan Anda ke layar yang merinci “Penerusan Panggilan”.

Ini akan mencantumkan panggilan Suara, Data, SMS, Paket, PAD, dan banyak lagi. Idealnya, masing-masing harus mengatakan "Tidak diteruskan" sesudahnya. Jika ada yang mengatakan "Diteruskan", ponsel cerdas Anda mungkin telah diretas.

Apa yang bisa dilakukan? Cukup ketik ##002# ke layar dial (panggil), lalu tekan kembali simbol dial. Layar harus menunjukkan "Penghapusan berhasil", yang berarti Anda telah memutuskan serangan siber. Anda dapat menavigasi keluar dari layar ini dengan mengetuk OK.

Bagaimana Mengetahui Jika Telepon Disadap?

Jangan terlalu paranoid: kebanyakan dari kita tidak akan menjadi korban penyadapan telepon. Namun ada baiknya memoles beberapa langkah keamanan dasar. Kurangi risiko infeksi dengan hanya mengunduh aplikasi dari toko resmi.