Grup Facebook Kini Bisa Menunjuk ‘Ahli’ untuk Topik Tertentu
Aplikasi Facebook (Pexels @cottonbro)

Bagikan:

JAKARTA - Hoax adalah musuh bersama platform teknologi dan informasi. Tak hanya Google yang senantiasa menambahkan fitur baru demi memberantas informasi palsu. Sejumlah media sosial turut melakukannya dengan menambahkan fitur-fitur terbaru. Tak terkecuali Facebook.

Selasa, 13 Juli, Facebook merilis fitur anyar untuk layanan Grup FB. Fitur ini membuat admin grup bisa menunjuk ahli atas topik tertentu dengan memberinya label ‘Expert’ atau ‘Ahli’. 

Melalui perubahan ini, yang menurut Facebook cuma bisa digunakan untuk sejumlah grup terpilih saja, admin bisa mengundang anggota untuk menjadi ahli dari komunitas tersebut. Jika akun tersebut menyetujui permintaan admin, maka Facebook akan menambahkan lencana yang terletak di samping nama akun –mirip seperti identifikasi moderator dari sebuah grup.

Fitur lencana ahli grup Facebook (Facebook)

Sebagai tambahan, menjadi ‘ahli’ dari grup tertentu bukan berarti memberi pengguna tambahan kontrol atas fitur-fitur grup tersebut, atau visibilitas yang lebih tinggi di grup untuk setiap unggahan yang dibuat. 

Fitur ini hanyalah bantuan dari Facebook untuk admin agar bisa menyorot seseorang –yang dianggap memiliki informasi lebih dalam dan banyak- untuk menjadi ahli. Sehingga, wawasan dan informasi yang dimilikinya bisa bermanfaat serta dibagikan dengan anggota grup. 

 “Begitu menerima peran ini, ahli dari grup akan mendapatkan lencana yang terletak di samping namanya pada grup tertentu. Sehingga memudahkan anggota grup lain untuk menemukan unggahan dan komentar informasi dari ahli yang sudah ditunjuk itu,” tulis VP of Communities Aplikasi Facebook, Maria Smith, dilansir dari blog resmi Facebook, Rabu, 14 Juli.

Agar Masyarakat Lebih Melek Informasi 

Facebook merasa bahwa akses masyarakat terhadap ahli merupakan sesuatu yang penting –pula hubungan langsung antara ahli dan masyarakat. Tak hanya lewat komentar atau unggahan saja.

Oleh karena itu, Facebook pun memberi fitur khusus untuk akun yang memiliki lencana ahli. Yang pertama yang fitur ‘Ask Questions’. Saat seseorang membagikan sesuatu di grup yang tampak seperti pertanyaan, unggahan tersebut bakal diubah secara otomatis ke dalam format yang membuat orang lain mampu membagikan pendapat, informasi baru, atau sudut pandang lain. 

Fitur kedua yakni membuat audio-streaming di grup. Ya, layanan ini mirip seperti Clubhouse. Hanya saja khusus untuk grup dan cuma bisa diakses oleh anggota saja. Menurut rencana, fitur ini bakal diluncurkan pada musim panas nanti. 

Terakhir yakni membuka sesi tanya jawab. Melalui sesi ini, anggota grup bisa berinteraksi langsung dengan ahli yang ditunjuk serta berdiskusi terkait topik tertentu. Nantinya, fitur tanya jawab hanya tersedia dalam format teks saja.