Facebook Berencana Membuat Feed yang Bisa Disesuaikan Sendiri oleh Para Pengguna
Facebook memudahkan Anda untuk mengontrol siapa dan apa yang muncul di feed Anda. (foto": dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Facebook memudahkan Anda untuk mengontrol siapa dan apa yang muncul di feed Anda. Perusahaan ini telah lama menunjukkan kepada pengguna umpan berita algoritmanya, memberi pengguna apa pun yang didefinisikan Facebook sebagai berita "top" pada saat itu.

Pengguna juga dapat memilih untuk hanya menampilkan postingan terbaru dari teman, keluarga, grup, atau halaman mereka. Facebook juga memberi pengguna kemampuan untuk melihat lebih banyak atau lebih sedikit orang, halaman, atau grup tertentu tepat di dalam pos standar.

Ini akan langsung engubah algoritma yang disajikan Facebook kepada Anda tetapi tidak pernah memberi pengguna cara untuk melihat bagaimana hal itu memengaruhi feed. Anda tidak pernah merasa mengendalikan feed Anda. Tampilkan lebih sedikit, ya, tetapi tidak pernah jelas berapa banyak, misalnya.

Nah, Facebook sekarang akan memberi pengguna lebih banyak kontrol atas apa yang muncul di feed. Menurut siaran pers oleh Facebook, perusahaan tersebut menyatakan, "menguji cara baru untuk mempermudah menemukan dan menggunakan kontrol Umpan Berita untuk menyesuaikan preferensi peringkat orang dan menyesuaikan Umpan Berita mereka."

Pengguna sekarang dapat menambah atau mengurangi jumlah konten yang mereka lihat dari teman, keluarga, grup, atau halaman tertentu. Pengguna juga dapat menyesuaikan seberapa banyak topik tertentu yang mereka lihat di feed mereka. Facebook mengatakan bahwa mereka akan meluncurkan perubahan ini dalam beberapa minggu mendatang ke sebagian kecil pengguna di seluruh dunia.

Mudah-mudahan, ini akan membuat pengguna benar-benar menyempurnakan apa yang mereka lihat dan apa yang tidak mereka lihat di feed mereka. Alih-alih algoritma arbitrer di mana Anda harus terus mengatakan "Saya ingin melihat lebih sedikit dari ini," maka Anda benar-benar dapat menggali dan memberi tahu secara spesifik seberapa sedikit atau seberapa banyak lagi yang ingin Anda lihat dari orang, halaman, atau grup ini.

Mampu mengontrol topik tertentu juga merupakan nilai tambah. Alih-alih menyesuaikan halaman atau grup, Anda dapat menekan topik yang ada.

Facebook memberi pengguna opsi ini membuktikan bahwa algoritma tidak menyelesaikan segalanya. Tidak ada dua orang yang sama. Demikian juga, dua orang yang memiliki minat yang sama dalam satu bidang tidak selalu berarti mereka setuju pada hal yang sama.

Mampu mengatakan, "Saya ingin melihat lebih sedikit dari orang ini" tanpa harus benar-benar memblokir atau membatalkan pertemanan mereka yang akan menjadi perubahan yang disambut baik para pengguna, maka itu harus terjadi di semua platform media sosial.

Hanya karena seorang teman memposting langsung tentang acara olahraga beberapa hari yang tidak Anda pedulikan sama sekali tidak berarti Anda tidak ingin menjadi temannya. Dengan kontrol baru dari Facebook, Anda sekarang dapat mengatakan, "Saya ingin melihat lebih sedikit dari topik ini."