YouTube Menguji Fitur Rekomendasi Video Berdasarkan Warna RGB
YouTube rekomendasikan video berdasarkan warna (foto: dok. unsplash)

Bagikan:

JAKARTA – YouTube, platform buatan Google, berencana menghadirkan fitur baru di bagian feed. Fitur ini berkaitan dengan rekomendasi tampilan sehingga user experience pengguna bisa meningkat.

Dari temuan 9to5google, YouTube berencana meluncurkan fitur rekomendasi video berdasarkan warna. Platform itu akan memberikan tiga pilihan warna aditif yang akan disesuaikan dengan thumbnail video, yaitu merah, hijau, dan biru (RGB).

Fitur rekomendasi feed ini sedang diuji oleh YouTube. Saat pengguna sedang menggulir layar atau baru membuka feed, platform streaming video itu akan mengajukan pertanyaan dalam bentuk pop-up yang bertuliskan, “Menginginkan sesuatu yang baru?”

Di bawah pertanyaan tersebut, YouTube akan menampilkan tiga warna aditif beserta keterangan yang bertuliskan, “Buat umpan video berdasarkan warna dan nikmati penjelajahan.” Pengguna bisa mengizinkan fitur tersebut dengan menekan tombol Let’s go.

Ketika warna dipilih, feed akan diperbarui dengan thumbnail yang lebih seragam. Jika memilih merah, thumbnail akan dominan dengan merah, begitu pun jika memilih warna biru. Warna RGB ini bisa diubah melalui tombol di layar beranda, tepat di bagian ikon pencarian.

Meski warna yang bisa dipilih hanya merah, biru, dan hijau, tampilannya tidak terbatas. Pengguna bisa mendapatkan warna sekunder dari ketiga warna tersebut. Misalnya, ketika pengguna memilih warna merah, mereka bisa mendapatkan warna kuning.

Fitur yang sepertinya bisa dirasakan oleh pengguna Android dan iOS ini masih diuji, tetapi belum diketahui kapan fiturnya akan rilis. Pengguna belum bisa berharap banyak karena fitur ini masih eksperimental dan bisa ditarik kapan pun.

Ket. foto: