Ambisi Metaverse Terbaru, Meta Bawa Avatar 3D ke Instagram
Avatar (Foto: Meta)

Bagikan:

JAKARTA - Meta baru saja mengumumkan membawa avatar 3D ke Instagram dan avatar yang diperbarui ke Facebook serta Messenger. Meski masih dalam tahap uji coba, tetapi pengguna di beberapa negara bisa mencobanya.

Perusahaan juga menambahkan implan koklea dan alat bantu dengar dalam beberapa warna di semua platform, termasuk VR. Pembaruan juga menghadirkan kursi roda berbentuk stiker di Facebook, Messenger dan Instagram Stories serta DM.

Selain itu, Meta juga meningkatkan tampilan avatar dengan menyesuaikan bentuk wajah tertentu agar terlihat lebih autentik. Perusahaan mengatakan berencana untuk terus menambahkan lebih banyak item ke editor avatar.

Pengguna di Amerika Serikat (AS), Canada, dan Mexico sekarang dapat muncul sebagai diri virtual mereka di stiker, feed, gambar profil Facebook, dan banyak lagi.

"Kami memperbarui avatar Meta dengan lebih banyak ekspresi, wajah dan warna kulit, serta kursi roda dan alat bantu dengar," ungkap CEO Meta Mark Zuckerberg dalam keterangan yang diunggah di Facebook-nya.

“Kami juga mulai bereksperimen dengan pakaian digital. Anda dapat menggunakan avatar Anda di seluruh Quest, Facebook, Instagram, dan Messenger. Suatu hari Anda akan memiliki banyak avatar mulai dari ekspresif hingga fotorealistik. Menantikan untuk berbagi lebih banyak segera," imbuhnya.

Perlu diketahui, setiap perubahan yang dilakukan pengguna pada avatar mereka di Facebook dan Messenger akan secara otomatis muncul di Instagram juga, dan sebaliknya.

Pengguna masih memiliki opsi untuk membuat avatar yang berbeda untuk platform yang berbeda. Meta menyatakan bahwa seiring waktu, tujuannya adalah untuk memudahkan pengguna memindahkan avatar mereka dari satu tempat ke tempat lain dan berencana untuk lebih berkembang nantinya.

Melansir TechCrunch, Selasa, 1 Februari, hanya membawa avatar baru, Meta juga menggandeng NFL untuk memberi para penggemar cara mendukung tim favorit mereka menjelang Super Bowl. Mulai sekarang hingga 28 Februari, pengguna dapat memilih untuk mendukung Cincinnati Bengals atau Los Angeles Rams melalui avatar mereka. Ada juga kemeja Super Bowl LVI netral untuk pengguna yang tidak ingin memilih tim.

“VR dan Quest adalah bagian penting dari visi metaverse kami, tetapi kami melihat metaverse sebagai dunia digital yang saling terhubung, yang menjembatani VR dan AR, selain platform yang lebih familiar seperti ponsel dan komputer Anda,” jelas General Manager Meta untuk avatar dan identitas, Aigerim Shorman.

“Meluncurkan avatar di seluruh platform kami adalah langkah awal untuk mewujudkannya. Kami berharap diri virtual baru Anda memungkinkan Anda untuk diwakili secara online seperti yang Anda inginkan," tambahnya.

Sebagai informasi, Meta pertama kali meluncurkan avatar pada 2020 sebagai cara untuk bersaing dengan Bitmoji Snap dan terus memperbaruinya sejak saat itu. Perubahan baru ini terjadi saat Meta meluncurkan opsi avatar baru untuk mata, hidung, janggut, dan gaya rambut pada tahun lalu dengan tujuan membuatnya lebih dapat disesuaikan dan beragam.