Ambisi Baru Mark Zuckerberg, <i>Ngebet</i> Bawa NFT ke Instagram
CEO Meta Mark Zuckerberg ingin pengguna Instagram segera dapat mencetak token Non-Fungible Token (NFT) (foto Instagram @zuck)

Bagikan:

JAKARTA - CEO Meta Mark Zuckerberg kembali mengumumkan ambisi terbarunya bahwa pengguna Instagram mungkin segera dapat mencetak token Non-Fungible Token (NFT) di platform media sosial tersebut.

"Kami sedang bekerja untuk membawa NFT ke Instagram dalam waktu dekat," ujar Zuckerberg saat konferensi South by Southwest (SXSW) kemarin.

Sayangnya, Zuckerberg tidak merinci persis bagaimana NFT akan terbentuk, tetapi dia menyatakan pengguna Instagram dapat memamerkan NFT mereka yang ada dan berpotensi membuat yang baru.

"Saya belum siap untuk mengumumkan dengan tepat apa yang akan terjadi hari ini. Tetapi selama beberapa bulan ke depan, kemampuan untuk membawa beberapa NFT Anda, semoga seiring waktu dapat menghasilkan hal-hal dalam lingkungan itu," kata Zuckerberg.

Selain itu, Zuckerberg berharap pakaian avatar di metaverse dapat dicetak sebagai NFT juga, yang sudah menjadi umum di ruang keseluruhan dan bisnis yang menguntungkan untuk perusahaan play-to-earn berbasis blockchain.

Melansir Engadget, Rabu, 16 Maret, pernyataan Zuckerberg tentu tidak mengejutkan. Sebelumnya Head of Instagram Adam Mosseri juga telah menyatakan minatnya terhadap NFT dan secara aktif mengeksplorasi teknologi tersebut.

Dilaporkan Financial Times pada Januari lalu bahwa Instagram berharap untuk menambahkan NFT ke dalam dompet kripto Novi. Lebih lanjut, Zuckerberg juga menyatakan bahwa NFT suatu hari nanti dapat memainkan peran dalam metaverse perusahaan.

“Saya harap Anda tahu, pakaian yang dikenakan avatar Anda di metaverse, Anda tahu, pada dasarnya dapat dicetak sebagai NFT dan Anda dapat membawanya ke tempat yang berbeda. Ada hal-hal yang perlu diselesaikan sebelum itu benar-benar mulus terjadi," jelas Zuckerberg.

Ambisi baru Zuckerberg ini disinyalir karena pasar untuk NFT telah melonjak dalam 30 hari terakhir. Menurut DappRadar, OpenSea salah satu pasar NFT terbesar, melihat volume lebih dari 2 miliar dolar AS atau setara Rp28,6 triliun.