Samsung Bawa Teknologi Pendingin Pada Ponsel Masa Depan
Samsung kembali akan menempatkan teknologi pendingin di ponsel terbarunya.. (foto: Anh Nhat/unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Saat smartphone digunakan untuk berselancar di dunia maya atau bermain gim, maka ia akan mengeluarkan panas berlebih. Kini Samsung tengah mengatasi masalah tersebut pada ponsel masa depannya.

Pabrikan asal Korea Selatan itu, akan menyematkan teknologi semacam kipas pendingin agar smartphone tidak lagi mengeluarkan panas berlebih.

Laporan dari Digitimes menyatakan, Samsung diklaim sedang mencari kemungkinan untuk membawa kembali penggunaan teknologi pendingin vapor chamber. 

Apa itu pendingin vapor chamber?

Dikutip dari Ubergizmo, Senin 12 Juli, teknologi ini bekerja di dalam tabung vakum tertutup, ada sejumlah kecil cairan yang saat dipanaskan berubah menjadi gas dan mengembun ketika didinginkan.

Sejatinya, Samsung telah menggunakan teknologi ini di beberapa ponsel lawasnya seperti Galaxy S10+. Perusahaan juga menggunakannya pada beberapa konfigurasi ponsel Galaxy S20 dan Note 20. Namun, teknologi pendingin vapor chamber ini tidak muncul di model Galaxy S21.

Proses pendinginan ini lebih cepat dibanding dengan desain heat sink yang lebih kovensional. Tidak diketahui mengapa Samsung memilih untuk tidak menggunakannya di Galaxy S21.

Akan tetapi banyak yang menduga Samsung akan menyematkan teknologi vapor chamber pad Galaxy S21 dengan model 2022 mendatang.