Trend Menurun Uang Kripto Utama, AXS dan MANA Justru Menguat
Beberapa mat uang kripto utama di pasaran, nilainya mengalami penurunan. (foto Executium/unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagian besar aset kripto utama mulai mengalami penurunan, beberapa hari terakhir.  Bitcoin turun 6,51% selama 24 jam terakhir. Nilai ini mengkonfirmasi prediksi atas adanya sedikit penurunan dari kisaran pertengahan 30 dolar AS sebelumnya. 

Mata uang kripto terkemuka diperdagangkan pada 32.628 dolar AS (474 juta rupiah)pada 7:43 ET (eastern time)  menurut Coinbase. Ether, yang telah mengungguli bitcoin, juga turun sebesar 9,91%. Sementara dogecoin, XRP, polkadot, dan uniswap turun lebih dari 7% hari ini.

“Bitcoin terus diperdagangkan berombak (naik-turun) dan meskipun kami telah melihat bias ke atas dalam beberapa hari terakhir, perlu beberapa upaya bagi BTC untuk menembus di atas angka 42.000 dolar AS (610 juta rupiah),” tulis Pankaj Balani, CEO platform derivatif kripto Delta Exchange, dalam sebuah pesan kepada Forbes.

Menurut Bybit, platform informasi dan perdagangan berjangka mata uang kripto, tingkat pendanaan untuk bitcoin dan pertukaran eter, di bursa termasuk Binance, OKEx, Huobi, Bybit dan FTX sebagian besar positif. Hal ini, menunjukkan adanya spekulan bullish (kenaikan harga) dan pedagang panjang membayar pedagang jangka yang pendek.

Selain itu, peningkatan Ethereum yang sangat dinanti-nantikan memperkenalkan struktur biaya baru, Ethereum Improvement Proposal (EIP) 1559, ditayangkan di Ropsten testnet pada 24 Juni dan dijadwalkan untuk diluncurkan di mainnet pada 4 Agustus. 

Pembaruan ini diharapkan membuat biaya transaksi Ethereum yang kurang stabil dan lebih dapat diprediksi, sambil menambahkan elemen deflasi ke aset kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar.

Selain itu, perbankan utama di AS, Goldman Sachs, mengeluarkan catatan pada hari Selasa, mengatakan eter "saat ini terlihat seperti mata uang dengan potensi penggunaan nyata tertinggi". Hal ini, mengutip peran Ethereum dalam pengembangan aplikasi kontrak pintar, menurut laporan Insider.

Beberapa aset justru mampu melawan tren negatif tersebut. Salah satunya adalah Axie (AXS). Axie,  token tata kelola yang mendukung game virtual berbasis blockchain, Axie Infinity, naik 66% selama lima hari terakhir. Selain itu, MANA, token tata kelola untuk dunia virtual Decentraland, telah meningkat 30% minggu ini.