Seabad Lebih, Rekor Suhu Terpanas Kembali Muncul di Finlandia
Finlandia, negara di Eropa Utara yang selama ini lebih banyak deselimuti salju. (foto: Saad Chaudhry/unsplash)

Bagikan:

 

JAKARTA - Lapland, wilayah paling utara di  Finlandia, telah mencatatkan hari terpanasnya dalam satu abad terakhir. Kevo, cagar alam yang dilindungi di dekat perbatasan dengan Norwegia, tercatat memiliki suhu mencapai 33,5°C, pada Minggu, 4 Juli.

Ini adalah suhu tertinggi yang tercatat di Lapland selama seratus tahun terakhir. Suhu tertinggi sebelumnya tercatat 34,7°C di stasiun cuaca Thule di Inari barat pada tahun 1914.

Ini menjadi tetap suhu tertinggi Lapland sejak pencatatan dimulai pada tahun 1844. Akan , tetapi pihak berwenang khawatir rekor itu bisa segera dipecahkan.

Seorang ahli mengatakan suhu yang luar biasa tinggi dapat dikaitkan dengan gelombang panas di Amerika Utara yang sedang berlangsung dan berakibat fatal.

"Rekor panas baru 33,5 derajat telah diukur di Kevo, Utsjoki," bunyi twit dari Institut Meteorologi Finlandia.

“Bacaan mungkin masih meningkat seiring berjalannya hari. Ini dikenal sebagai suhu tertinggi kedua yang diukur di Lapland.”

Institut Meteorologi Finlandia sebelumnya mengumumkan bahwa pada Juni 2021 adalah bulan Juni terpanas yang pernah tercatat di Finlandia, dengan suhu rata-rata nasional  16,5°C.

Menurut ahli meteorologi Inggris Scott Duncan, di  Banak ujung utara Norwegia juga tercatat suhu 34,3°C. Ini dikenal, sebagai tingkat panas yang belum pernah diamati di atas 70 derajat garis lintang utara di Eropa sebelumnya.

Duncan mengatakan Lapland sedang 'saat ini di bawah panas yang ekstrem”. Menurutnya Skandinavia telah berada di dalam oven untuk sementara waktu.

"Sementara garis lintang utara ini bisa menjadi sangat panas (jauh lebih panas daripada yang mungkin disadari banyak orang), ada rekor mendalam dan lama yang dipecahkan di sini," twitnya.

Di tempat lain di Norwegia, Mercusuar Makkaur di pantai Samudra Arktik suhunya 30,8°C dan desa Tanabru mencapai 33,4°C, pada Senin, 5 Juni.