Rayakan Hari 4 Juli, Video Mark Zuckerberg Meluncur di Atas Air Viral
Video Mark Zuckerberg meluncur di atas air, viral di media sosial. (foto: instagram)

Bagikan:

JAKARTA - CEO Facebook Mark Zuckerberg pada hari Minggu membagikan video dramatis Empat Juli sebutan Hari Kemerdekaan AS, tentang dirinya yang membawa bendera Amerika dengan mengendarai papan selancar listrik melintasi danau. Postingan ini membuat  dunia maya menjadi heboh dan viral di media sosial.

“Selamat 4 Juli!” tulis Zuckerberg, di postingan Instagram video tersebut. Video ini sudah dilihat oleh 2, 8 juta orang pada Selasa 6 Juli, waktu Indonesia. 

Pendiri Facebook yang memiliki kekayaan sekitar 132 miliar dolar AS (sekitar Rp1908 triliun) ini, dalam video itu mengendarai papan seluncur Efoil seharga 12.000 dolar AS (sekitar Rp17 juta). Papan luncur ini memungkinkan penggunanya untuk meluncur di atas air. Tahun lalu, Zuckerberg digambarkan mengendarai papan serupa,  di lepas pantai Hawaii.

Dalam video yang diposting pada hari Minggu 4 Juli, mega-miliarder ini dengan cekatan mengiris air di papannya sambil mengikuti lagu “Take Me Home, Country Roads” milik John Denver.

"Ini adalah hal terburuk yang pernah ada," komentar salah satu pengguna Twitter di video tersebut.

Rekan eksekutif teknologi Aaron Levie, pendiri dan CEO perusahaan cloud perusahaan Box, berkata, "Zuck benar-benar melakukan bagiannya untuk membuat pendiri teknologi tampak normal."

Video itu juga dibandingkan dengan penyeberangan George Washington yang gagah berani di Delaware pada tahun 1776 untuk meluncurkan serangan mendadak terhadap pasukan Inggris, saat perang kemerdekaan AS.

Sementara itu, seorang reporter untuk Australian Broadcasting Corporation membagikan foto video kala ia bersama foto Zuckerberg pada tahun 2016 sedang jogging di Lapangan Tiananmen Beijing. “Betapa perbedaan yang bisa dibuat 5 tahun,” tulisnya.

Perjalanan Zuckerberg di tahun 2016 melalui Beijing, meskipun dengan tingkat polusi udara yang berbahaya pada saat itu, dipandang sebagai upaya penyerahan diri kepada pemerintah China dalam usaha untuk mendapatkan izin bagi Facebook untuk beroperasi di negara tersebut.

Dalam komentar lain di video Zuckerberg's Fourth of July, seorang pengguna berkata, “Ketika Anda mendapatkan gugatan antimonopoli Anda diajukan oleh seorang hakim. Ayo GOOOOO Zuck.”

Itu jelas merujuk pada keputusan pengadilan minggu lalu dimana hakim federal untuk menolak keluhan antimonopoli yang diajukan oleh Komisi Perdagangan Federal AS. dan gugatan paralel yang diajukan oleh koalisi 48 negara bagian dan distrik terhadap Facebook.

Beberapa orang menilai video itu mungkin hanya upaya untuk mendapatkan reaksi dari internet dan berfungsi sebagai publisitas yang mudah. “Zuck mencoba meningkatkan citra publiknya dengan satu-satunya cara yang mungkin. Untuk mengalahkan Fonzie yang melompati hiu,” tulis @frazer_haden.