JAKARTA - General Motors Co mengatakan pada Senin 5 Juli bahwa mereka memperluas studio desainnya di China. Ini dilakukan untuk fokus pada pengembangan mobil listrik yang terintegrasi sehingga tidak lagi mendesain kendaraan bensin.
Dikutip dari Reuters, Selasa, langkah tersebut dilakukan ketika produsen mobil terbesar Amerika Serikat itu bersiap untuk menghentikan kendaraan bensin dan diesel dari armadanya pada tahun 2035. Mereka menggarisbawahi upayanya tersebut untuk mendapatkan pijakan yang lebih besar di China, pasar mobil listrik terbesar di dunia.
Ini juga memainkan ambisi GM untuk menambahkan aliran pendapatan berulang dari perangkat lunak dan layanan lama setelah produk awal dijual, ala Apple Inc, misalnya dengan menjual layanan pengisian dan pertukaran baterai kendaraan listrik.
GM mengatakan ingin melampaui penjualan tahunan 1 juta kendaraan listrik di Amerika Serikat dan China pada tahun 2025..
BACA JUGA:
Bulan lalu, perusahaan mengatakan akan meningkatkan pengeluaran untuk kendaraan listrik dan kendaraan otonom, yang menghabiskan 35 miliar dollar AS hingga 2025, naik 75 persen dari Maret 2020 sebelum pandemi COVID-19 mencekik industri.
Dengan fasilitas baru dan tim karyawan studio yang terus berkembang, “Kami memiliki organisasi dan orang yang tepat untuk membawa produk yang paling diinginkan ke konsumen China,” Wakil Presiden Eksekutif dan Presiden GM China Julian Blissett mengatakan dalam sebuah pernyataan.
Studio desain baru yang canggih, satu dari tiga di seluruh dunia yang merancang kendaraan GM generasi masa depan, dibangun dengan mendesain ulang studio yang ada di kampus yang sama dengan pusat teknologi GM China di Shanghai.
GM mengatakan studio diperluas hampir dua kali lipat menjadi 5.000 meter persegi, dan sedang merekrut untuk perluasan tim desain. Perusahaan tidak mengatakan berapa banyak karyawan yang akan ditambahkan.
Seseorang yang dekat dengan produsen mobil mengatakan tim saat ini memiliki kurang dari 40 desainer, pemodel digital dan fisik, pakar realitas virtual, dan personel pendukung.
GM, yang menjual mobil di China melalui dua usaha patungan dengan SAIC Motor Corp menjual 170.000 kendaraan listrik di China tahun lalu, naik dari 50.000 pada 2019.