Wacana Xiaomi Bersih-Bersih Ponsel Lama 4G di Pasaran
Ilustrasi ponsel Xiaomi (Photo by Christian Salas on Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Xiaomi sedang berupaya merubah pangsa pasarnya, dengan merilis ponsel-ponsel generasi terbaru. Pasalnya vendor asal China ini, dikabarkan menghentikan produksi perangkatnya yang masih terkoneksi jaringan 4G.

Dihimpun dari Gizchina, Rabu 27 Mei, CEO Xiaomi Lei Jun mengungkapkan rencana perusahaannya untuk menghentikan penjualan ponsel 4G di negaranya, pada akhir 2020. Terlebih jaringan koneksi 5G yang sedang bersiap untuk merevolusi pasar teknologi. 

Jika berhasil direalisasikan, Xiaomi atau Redmi akan segera beradaptasi untuk meluncurkan perangkat-perangkat yang sudah mendukung jaringan 5G, khususnya di pasar smartphone global. Di samping banyaknya perusahaan pengembang yang telah memulai penelitiannya untuk jaringan koneksi 5G dan selanjutnya. 

"Memang benar bahwa peluncuran 5G telah melambat karena pandemi, tetapi kami tidak mengubah strategi kami dan akan terus mendorong ponsel 5G," ungkap Lei Jun.

Beberapa tahun terakhir, Xiaomi memang sedang berfokus untuk membangun layanan berteknologi 5G. Di mana perangkat ini akan membangun ekosistem bersama dengan pemerintah China dalam pelayanan publik.

Di samping pandemi COVID-19 yang memang mempengaruhi rantai produksi perangkat elektronik dan ketersediaan barang.  "Gudang kami kosong dan telepon 5G tidak bisa menyala,” imbuh Lei Jun.

Sebagai informasi, pabrikan asal China tersebut berencana untuk merilis setidaknya 10 ponsel berbasis jaringan 5G untuk tahun ini. Xiaomi juga meningkatkan investasi Litbang menjadi 10 miliar yuan atau setara 1,4 miliar dolar AS, dalam investasinya untuk jaringan 5G.

Di sisi lain, Xiaomi telah membuat kemajuan besar di pasar smartphone global. Vendor ini juga telah masuk dalam 10 daftar produsen smartphone teratas di dunia, khususnya dalam 10 tahun terakhir.

Apalagi Xiaomi juga baru saja meluncurkan flagship terbarunya Redmi 10X dan Redmi 10 X Pro yang telah mendukung teknologi 5G + 5G dual SIM. Ponsel ini dikabarkan akan ditenagai chipset MediaTek, dengan chip Qualcomm 5G.