Suara dari Mars Terekam Robot Penjelajah China Zhurong
Ilustrasi (Foto: dokumentasi CNSA)

Bagikan:

JAKARTA - Planet Merah atau Mars saat ini tidak hanya dihuni oleh robot penjelajah asal Amerika Serikat (AS), Perseverance NASA. Tetapi, China juga telah mengirimkan robot penjelajah ke Mars.

Sekarang, negara tersebut membuktikan kemajuan dari proyeknya di Mars. Dihimpun dari Mashable, Selasa 29 Juni, China National Space Administration (CNSA) membagikan sebuah video baru, dan untuk pertama kalinya menampilkan audio yang berasal dari Mars.

"Pengorbit dan penjelajah Mars bekerja dengan sangat baik, dengan lancar dan aman memberikan laporan dari Mars, serta mengirimkan berkah besar," ungkap CNSA, dalam pernyataan resminya.

Suara tersebut berhasil diambil oleh rover Zhurong dan dinilai sebagai tujuan utama dari misi Tianwen-1 China ke Mars. Diketahui rover Zhurong diluncurkan dari Bumi pada 23 Juli 2020 lalu dan tiba di Mars pada musim semi 2021.

Zhurong melintasi kawah besar di Planet Merah yang dikenal sebagai Utopia Planitia, kira-kira 1.800 kilometer (1.118 mil) timur laut dari rover Perseverance milik NASA.

Robot penjelajah itu mengirimkan gambar beragam yang memperlihatkan es bawah tanah, gunung berapi, bukit pasir, dan lainnya. Utopia Planitia dipilih oleh CNSA sebagai tempat eksplorasi Zhurong selama 90 hari, dan juga kelanjutan dari pencarian manusia akan tanda-tanda kehidupan kuno.

Gambar-gambar yang diambil Zhurong menggunakan kamera nirkabel yang dapat disimpan di tanah dan kemudian diambil kembali. Terdapat pula video yang diambil dari kamera yang terpasang di tiang tengah Zhurong, saat rover pertama kali menggerakkan rodanya di permukaan Mars. Video ini juga mencakup audio mekanika rover yang sedang bekerja.

Ilmuwan CNSA mengatakan, mereka berharap untuk menggunakan sistem audio untuk menangkap suara angin di Mars, sesuatu yang diharapkan akan kita dengar di video selanjutnya.