Menkominfo Johnny G Plate Minta Pengusaha Lindungi Data Pelanggannya
Menkominfo Johnny G Plate (dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengingatkan para pelaku usaha untuk memperkuat keamanan data pelanggan. Secara khusus data kredensial yang dimiliki masyarakat.

"Tata kelola data untuk mendukung adopsi teknologi dan pemanfaatan data untuk menunjang optimalisasi produktivitas di berbagai sektor termasuk ekonomi digital, diperlukan tata kelola yang mencakup aspek jaminan keamanan, keandalan dan kelaikan sistem elektroniknya," kata Menkominfo.

Lebih lanjut, ia menyinggung soal perlindungan data pribadi. Ia mengatakan, penting untuk memoderasi konten dengan muatan yang tidak melanggar peraturan.

"Kita harus pastikan ruang digital dimanfaatkan dengan baik. Hal-hal yang menyinggung dan melanggar undang-undang, zero tolerance. Kami ingin membangun ruang digital yang sehat untuk rekan-rekan sekalian," kata Menkominfo.

Menteri Johnny mengingatkan para pelaku ekonomi digital untuk selalu memperhatikan tata kelola data secara administratif maupun dari sisi manajemen dan teknologinya. Tak terkecuali keamanan siber yang menjaga data pelanggan.

"Tata kelola manajemen. Kalau sampai ada data yang bocor dari dalam, saya tidak toleransi, karena itu di dalam kontrol, dan itu bermain-main dengan tata kelola data," imbuhnya.

Menkominfo juga mengingatkan untuk terus berinvestasi di sisi sumber daya manusia (SDM), terutama yang berhubungan dengan teknologi keamanan (security), baik dari sisi jumlah maupun kualitasnya.

"Kominfo sebagai vocal point pemerintah terus mendorong perkembangan ekosistem ekonomi digital yang tangkas, lincah, dan berani demi tecapainya gebrakan inovatif yang semakin maju," kata dia.