HarmonyOS 2.0 Siap Diluncurkan, Ini Deretan Ponsel yang Kompatibel
Tampilan HarmonyOS (BitFinance)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah proses pengembangan yang cukup panjang, Huawei akhirnya siap meluncurkan versi terbaru HarmonyOS 2.0 hari ini, Rabu, 2 Mei. Menurut rencana, peluncurannya akan dilakukan secara global.

Hanya saja, cuma beberapa perangkat terpilih yang bakal menampilkan menu pembaruan OS, untuk menggantikan pengaturan pengaturan EMUI yang dibuat berdasarkan Android.

Melansir Gizmochina, beberapa perangkat yang mendapat jatah pembaruan terdiri dari Mate X2, Mate 40, Mate 40 RS, Mate 40 Pro, dan MatePad Pro. Tak hanya itu, raksasa teknologi China ini juga memberi pembaruan pada Nova 8 hingga Nova 8 Pro, Huawei P40, P40 Pro Plus, serta P40 Pro.

Beberapa perangkat anyar turut mendapatkan jatah pembaruan. Hanya saja, cuma sebagian kecil perangkat terbaru yang bisa diperbarui dengan OS ini.

Huawei menargetkan bahwa sistem operasi bikinannya versi anyar ini bakal digunakan oleh 250 juta perangkat di dunia pada akhir 2021 nanti. Perusahaan juga menjadikan ponsel yang sebelumnya menggunakan sitem operasi Android sebagai target dari pembaruan OS.

Didistribusikan Secara Global

Berdasarkan informasi yang diperoleh GSMArena, diperkirakan bahwa HarmonyOS akan hadir pertama kali untuk pasar China. Namun, jika melihat target perusahaan, tampaknya wilayah lain juga bakal mendapat jatah pembaruan tanpa perlu menunggu lama.

Melalui langkah tersebut, tampak upaya perusahaan yang ingin memperlambat proses rilis. Terlihat jelas bahwa proses pembaruan yang cukup lambat ini merupakan strategi agar pengguna awal bisa melaporkan bug atau error pada sistem operasi.

Hanya saja, Huawei belum membagikan informasi resmi terkait versi terbaru sistem operasi bikinannya ini. Oleh karena itu, ada baiknya menunggu beberapa jam hingga perusahaan meluncurkan sistem operasi terbarunya ini.