IBM Bikin Chip Berukuran 2nm Lebih Kecil dari Butiran Beras
Ilustrasi chipset IBM (dok. IBM)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan teknologi IBM mencetak sejarah dengan memperkenalkan chip berukuran 2nm. Artinya ini jadi chip dengan fabrikasi terkecil di dunia.

Mengingat, ukuran chip saat ini memiliki fabrikasi 5nm yang telah disematkan pada smartphone dan laptop. Ukuran yang lebih kecil memungkinkan IBM bisa membenamkan lebih dari 333 juta transistor ke dalam chip berukuran seujung jari manusia itu.

Dilansir The Verge, ukuran yang lebih kecil menawarkan keuntungan besar dalam kinerja dan masa pakai baterai. IBM mengatakan chip 2nm-nya diproyeksikan dapat mencapai kinerja 45 persen lebih tinggi, atau dapat menghemat energi 75 persen lebih rendah, daripada chip 7nm yang paling canggih saat ini.

Sebagai perbandingan, IBM telah mengalahkan chip yang dikembangkan TSMC menggunakan proses fabrikasi 5nm-nya, menampilkan sekitar 173 juta transistor per milimeter persegi (MTr / mm 2). Sedangkan chip 5nm Samsung memiliki fitur sekitar 127 MTr / mm 2.

Meski terdengar hebat, penting untuk diingat bahwa chip 2nm IBM masih sebatas konsep. Apalagi prosesor yang dibangun di atas node 2nm baru akan meluncur dalam beberapa tahun lagi.

Diketahui saat ini, TSMC dan Samsung masih dalam proses memproduksi chip 5nm. Intel masih berjuang untuk mengeluarkan node 7nm-nya.

Bahkan TSMC tidak berharap untuk mencapai 2nm dalam waktu dekat. Perusahaan saat ini berencana untuk memulai produksi awal dari proses chip 4nm pada akhir tahun, dengan produksi massal pada 2022.