Foto Meme <i>Disaster Girl</i> Dijual Dalam Bentuk NFT, Laku Rp6,8 Miliar
Foto Meme Disaster Girl dijual dalam bentuk NFT (Foto diambil oleh David Roth)

Bagikan:

JAKARTA – Foto “Disaster Girl” meme yang sempat populer pada tahun 2005 itu dikabarkan telah terjual senilai 473.000 dolar AS (setara 6,8 miliar). Di dalam foto tersebut tampak seorang anak perempuan tengah tersenyum dengan latar belakang sebuah tempat terbakar.

Anak perempuan itu bernama Zoë Roth. Foto meme tersebut dijual dalam bentuk NFT yang merupakan bagian dari teknologi kripto. NFT mempunyai fungsi seperti sertifikat digital yang membuktikan kepemilikan aset NFT dalam bentuk foto, lagu, video, lukisan dan sebagainya. Semakin orisinal suatu karya tersebut maka harganya pun semakin tinggi.

Gambar meme populer itu dibeli seharga 180 ethereum oleh seorang kolektor dengan nama akun @3FMusic. Aset tersebut dilelang di Foundation App. Roth bakal menerima kmisi 10 sen jika gambar meme dirinya itu diedarkan di jagat maya.

Pada awalnya, foto tersebut diambil tanpa punya tujuan apa-apa. Ketika Roth berumur 4 tahun, dia diajak pergi oleh sang ayah, Dave Roth untuk melihat bangunan yang sedang terbakar di wilayah Mebane, Carolina Utara, Amerika Serikat.

Berdasarkan laporan dari New York Times, waktu itu petugas pemadam kebakaran memperbolehkan anak-anak untuk memegang selang air karena kebakaran tersebut sudah terkendali. Ayah Roth sendiri merupakan seorang fotografer amatir, dia kerap membawa kamera ke mana-mana guna memotret sang anak.

Tidak lama berselang, Dave menunggah foto tersebut ke dunia maya. Sejak itu foto “Disaster Girl” menjadi viral. Pada 2008, foto tersebut mendapat penghargaan. Banyak pula yang mengganti latar belakang foto itu dengan kecelakaan dan bencana. Mengetahui hal ini Roth tidak keberatan.

“Anda cuma ingin membuatnya sesuai keinginan Anda. Saya senang melihat (hasil editan) mereka karena saya tidak pernah membuatnya untuk diri saya sendiri, tapi saya senang melihat betapa kreatifnya orang-orang,” ujar Roth seperti yang dikutip dari New York Times.

Saat ini, Zoë Roth, gadis kecil di dalam foto itu sudah menginjak usia 21 tahun. Dari hasil penjualan foto meme dalam bentuk NFT tersebut, dia berencana untuk membiayai sekolahnya. Roth juga akan melakukan amal, sebagaimana yang dihimpun dari BBC pada Senin 3 Mei.

“Orang yang ada di dalam meme dan menjadi viral adalah satu hal, namun bagaimana internet membuat foto saya tetap viral, relevan, adalah sebuah kegilaan. Saya sangat bersyukur untuk semua pengalaman ini,” ujar gadis dalam meme “Disaster Girl” itu.

Sebelum pelelangan aset NFT foto meme itu, sudah ada GIF “Nyan Cat” yang pernah populer di jagat maya. “Nyan Cat” sendiri telah terjual seharga 500.000 dolar AS atau setara Rp 7,2 miliar.

Selain itu, pemilik Twitter, Jack Dorsey melelang cuitan pertamanya dalam bentuk NFT dan laku seharga 2,5 juta dolar AS atau setara Rp 36 miliar. Sedangkan di Indonesia sendiri, ada Denny JA yang telah berhasil menjual Twit pertamanya dalam bentuk NFT seharga Rp 100 juta.