Jangan Lewatkan Gerhana Bulan Total Akan Terjadi 26 Mei, Cuma 15 Menit Doang
Ilustrasi (Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Pada Kamis, 26 Mei , gerhana Bulan total bakal terjadi. Gerhana ini akan terjadi secara singkat, sekitar 15 menit. Namun, prosesnya bisa mencapai 3 jam.

Saat peristiwa ini terjadi, bayangan bumi akan menutupi bulan dan posisinya akan sejajar dengan matahari dan bulan

Dilansir dari Earth Sky, gerhana Bulan total ini yang terdekat dan terbesar dalam tahun ini. Beberapa orang mungkin menyebut gerhana ini dengan istilah Supermoon. Peristiwa serupa terakhir terjadi pada 28 September 2015.

Gerhana Bulan total ini dapat terlihat dari barat Amerika Utara, selatan dan barat jauh Amerika Selatan, Samudera Pasifik, Selandia Baru, Australia dan Asia Tenggara.

Dari benua Amerika, gerhana ini terjadi pada dini hari sebelum matahari terbit tanggal 26 Mei, sedangkan dari belahan bumi timur dunia (Selandia Baru, Australia dan Asia Tenggara), gerhana terjadi pada malam hari setelah Matahari terbenam pada tanggal 26 Mei.

Sementara, melansir dari Time and Date, proses gerhana bulan total bisa disaksikan di Jakarta sejak Bulan mulai terbit pada pukul 17.40.17 WIB. Bulan akan tampak penuh pada pukul 18.11.286 WIB.