Menang Lelang Frekuensi 2,3GHz, Telkomsel dan Smartfen Bakal Hadirkan Layanan 5G
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) telah mengumumkan hasil lelang frekuensi 2,3GHz. Telkomsel dan Smartfren berhasil menjadi pemenang dalam seleksi frekuensi yang bisa dimanfaatkan untuk jaringan 5G.

Mengutip keterangan resmi Kominfo, Telkomsel mendapatkan dua blok pita frekuensi dengan harga penawaran yang diajukan senilai Rp176,9 miliar per blok. Sementara Smartfren akan mengelola satu blok pita frekuensi dengan besaran 10 MHz, setelah mengajukan penawaran senilai Rp176,5 miliar. 

"Dalam proses tersebut, Telkomsel memilih Blok A dan Blok C dari pita 2,3 GHz. Sementara Smartfren memilih Blok B," tulis dalam dokumen.

Sesuai ketentuan di dalam Dokumen Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,3GHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler Tahun 2021, tahapan seleksi dilanjutkan dengan Rapat Pemilihan Blok Objek Seleksi yang telah dilaksanakan hari ini 22 April 2021.

Seleksi pengguna pita frekuensi radio 2,3 GHz itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jaringan bergerak seluler, meningkatkan kualitas layanan secara maksimal, serta mendorong akselerasi penggelaran infrastruktur TIK dengan teknologi generasi kelima (5G).

Sebenarnya seleksi ini pernah dilakukan beberapa waktu lalu. Saat itu disebutkan pemenangnya ada tiga yakni Telkomsel, Hutchison 3 Indonesia dan Smartfren. Saat itu penawaran lelang ketiga perusahaan masing-masing Rp114,867 miliar.

Namun proses lelang itu terpaksa dihentikan Kominfo dengan alasan untuk menyelaraskan peraturan perundang-undangan terkait PNBP di Kominfo. Salah satunya PP No 80 Tahun 2015.