Kesepakatan Merger Gojek dan Tokopedia Akan Segera Terjadi
Ilustrasi. (dok. Gojek)

Bagikan:

JAKARTA - Proses merger antara Gojek dengan Tokopedia semakin jadi kenyataan. Kedua perusahaan tinggal meminta restu pemegang saham, sebagai syarat kesepakatan merger telah disetujui.

Menurut beberapa sumber yang mengetahui hal ini, syarat kesepakatan merger telah disetujui. Disebutkan pula kedua perusahaan ini tinggal menyelesaikan transaksi beberapa minggu ke depan. 

"Semua syarat kesepakatan telah disetujui. (Merger) ini membawa dua perusahaan yang tidak saling bersaing untuk bersama," kata seorang sumber, sebagaimana dirangkum dari Reuters, Senin, 12 April.

Diberitakan sebelumnya, kabar merger Gojek dengan Tokopedia telah berembus dalam beberapa bulan terakhir. VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak sendiri tidak membantah soal kabar merger ini hanya saja ia mengatakan bahwa tak ingin berspekulasi lebih jauh.

“Berkaitan dengan pertanyaan tersebut, mohon maaf. Kami tidak menanggapi spekulasi yang ada di pasar,” ujar Nuraini dalam pesan singkatnya, 9 Maret lalu.

Sejauh ini, kedua startup unicorn ini telah disokong banyak investor besar. Sebut saja Tokopedia yang mendapat kucuran dana dari Alibaba, sementara Gojek yang mendapat investasi dari Tencent Holdings.

Mereka juga memiliki investor yang sama, seperti Temasek Holdings, Sequoia Capital, dan Google. Bloomberg sempat melaporkan jika merger Gojek dan Tokopedia akan mencapai 18 miliar dollar AS atau sekitar Rp263 triliun.

Angka yang fantastis mengingat kedua perusahaan tersebut merupakan platform besar di Asia Tenggara. Keduanya menawarkan layanan e-commerce, ekspedisi, transportasi umum, pesan-antar makanan, dan layanan lainnya.