Bagikan:

JAKARTA – Gmail merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk mengirimkan pesan dengan mudah. Ada banyak folder yang tersedia di dalamnya, mulai dari kotak masuk, terkirim, dan keluar.

Kotak keluar yang ada di Gmail disebut dengan 'Outbox'. Folder ini memiliki fungsi yang berbeda dengan kotak terkirim. Jika pesan yang ingin Anda kirim masih berada di folder ini, jaringan internet Anda mungkin sedang bermasalah. 

Dengan kata lain, pesan Anda sedang tersangkut dan belum bisa dikirimkan. Selama pesannya belum ada di folder terkirim, pesan yang Anda buat tidak akan sampai ke penerima. Jika Anda sedang mengalami masalah ini, ada beberapa perbaikan yang bisa Anda lakukan. 

Pertama, Anda perlu memeriksa kembali jaringan internet dan mungkin mematikan data atau Wi-Fi untuk sementara waktu sebelum dinyalakan kembali. Jika hal ini tidak membantu, Anda mungkin perlu meminta bantuan hotspot dari orang lain. 

Setelah mengganti jaringan internetnya, Anda bisa melakukan refresh di halaman Outbox. Terkadang, pesan akan terus berada di sana meskipun koneksi internet Anda sudah pulih. Untuk mengirimkan pesan di folder Outbox, Anda bisa melakukan tahapan berikut ini. 

  1. Buka aplikasi Gmail. 
  2. Ketuk ikon garis tiga horizontal di kiri atas layar. 
  3. Gulir layar ke bawah dan klik Outbox. 
  4. Saat keterangan Tidak Ada Koneksi muncul, klik Coba Lagi. 

Terus lakukan refresh hingga pesannya hilang dari Outbox. Jika cara ini masih tidak berhasil, Anda mungkin harus beralih ke Gmail di perangkat lain, seperti komputer atau ponsel lainnya dengan jaringan stabil.